Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh work engagement terhadap perilaku kerja inovatif dengan berbagi pengetahuan sebagai pemediasi. Pengukuran work engagement menggunakan kuesioner yang sudah terstandardisasi dari Utrecht Work Engagement Scale (UWES-17), yang dikembangkan oleh Schaufeli dan Bakker (2003), pengukuran perilaku kerja inovatif menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Jong dan Hartog (2008), dan berbagi pengetahuan menggunakan kuesioner yang telah diadopsi dan diuji oleh Akhavan et al. (2015).


Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dengan pembagian kuesioner pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, sebanyak 48 responden. Sampel merupakan pegawai tetap, bekerja pada atasan yang sama selama 1 tahun, dan pekerjaanya bersentuhan langsung dengan masyarakat.


Pengolahan data menggunakan metode regresi yang dikembangkan oleh Baron dan Kenney (1986). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa work engagement berpengaruh positif dan signifikan pada perilaku kerja inovatif serta dimediasi secara parsial oleh berbagi pengetahuan.