Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar utama ekonomi yang berperan dalam peningkatan PDB. Banyak UMKM masih menggunakan cara konvensional untuk mengemas dan memasarkan produknya, sehingga arah pemasarannya tersebar secara merata. E-commerce dapat memberikan penggiat UMKM perluasan jangkauan bisnis, sehingga mampu memasuki pangsa pasar baru, meningkatkan efisiensi pemasaran dan penjualan serta memperbaiki operasi bisnis. Selain teknologi informasi, penggunaan informasi akuntansi juga merupakan salah satu faktor penting dalam keberlangsungan hidup sebuah entitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-commerce dan informasi akuntansi dalam meningkatkan kinerja UMKM di Purbalingga. Dengan sampel 28 penggiat UMKM, diperoleh bahwa e-commerce tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Lebih lanjut, informasi keuangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM tapi dengan arah yang negatif. Hal ini menunjukan bahwa, peran e-commerce dan informasi keuangan belum digunakan secara maksimal sehingga kurang memberikan dampak terhadap kinerja UMKM di Purbalingga.