Implementasi Technology Acceptance Model Dalam Mengevaluasi Sistem Informasi Akuntansi

Authors

  • ESTI SARASWATI UNIVERSITAS HARAPAN BANGSA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Technology Acceptance Model (TAM) dalam mengevaluasi sistem informasi akuntansi. Metode evaluasi yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan fokus pada penerimaan pengguna terhadap sistem informasi akuntansi. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengguna sistem informasi akuntansi. Analisis data dilakukan menggunakan metode statistik yang sesuai dengan TAM, termasuk uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima dengan dibuktikan melalui beberapa uji maupun analisis statistik yang dilakukan. Diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan pengguna terhadap sistem informasi akuntansi, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan sistem informasi yang lebih efektif dan efisien.

References

Andriani, R., Setyanto, A., & Nasiri, A. (2020). Evaluasi Sistem Informasi Menggunakan Technology Acceptance Model Dengan Penambahan Variabel Evaluation of Information System Using Technology Acceptance. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(3), 531–538. https://doi.org/10.25126/jtiik.20207850

Damayanti, R., Putri, P. P. S., & Hapsari, A. N. S. (2022). Evaluasi Sistem Keuangan Desa dengan Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi, 14(1), 71–81. https://doi.org/10.28932/jam.v14i1.4019

Hair, J. & B. W. & B. B. & A. R. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global Perspective.

Hariyadi, & Rival, R. (2017). PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DIGITAL LIBRARY UR DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DI FISIP UNIVERSITAS RIAU. JOM FISIP.

Jumardi, R. (2020). Evaluasi E-Learning Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 3(2), 34–41. https://doi.org/10.36085/jtis.v3i2.887

Mersita, R., Darwis, D., & Surahman, A. (2022). Sistem Informasi Pembayaran SPP pada Sekolah di Kecamatan Gedung Tataan dengan Metode Extreme Programming. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Akuntansi, 2(2), 45–53. https://doi.org/10.33365/jimasia.v2i2.1872

Saputra, A., & Puspaningrum, A. S. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Hutang Menggunakan Model Web Engineering (Studi Kasus : Haanhany Gallery). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 1–7. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Uviyanti, S., & Pramuka, B. A. (2020). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas Laporan Bantuan Operasional Sekolah (Bos). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(7), 471. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i7.1403

Widiyanto, A. M. (2013). Statistika Terapan. Konsep dan Aplikasi dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainnya. PT. Elex Media Komputindo.

Yuliani, T. K., & Sari, T. D. R. (2022). Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Sekolah (Studi Kasus : Kelompok Bermain Ananda Rasya). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 3(4), page-page. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles