Faktor Internal yang Mempengaruhi Profitabilitas pada Perusahaan Perbankan Sebelum dan Sesudah Penerapan Regulasi Financial Technology (Studi Kasus Pada Perusahaan Perbankan BUMN Tahun 2012-2021)

Authors

  • Adista Okviana Universitas Harapan Bangsa
  • Faizal Rizky Yuttama Universitas Harapan Bangsa
  • Kartika Dwi Chandra Sari Universitas Harapan Bangsa

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Rasio Modal, Rasio Likuiditas, Efisiensi Operasi, Profitabilitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal yang mempengaruhi profitabilitas sebelum dan sesudah penerapan regulasi fintech. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dimana mendapat hasil yaitu 40 sampel penelitian, sampel tersebut terdiri dari seluruh perbankan BUMN dari periode tahun 2012-2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa variabel ukuran perusahaan, dan rasio likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, serta rasio modal dan efisiensi operasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas pada perbankan BUMN sebelum dan sesudah penerapan regulasi fintech. Secara simultan menunjukan bahwa variabel ukuran perusahaan, rasio modal, rasio likuiditas, dan efisiensi operasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada perbankan BUMN sebelum dan sesudah penerapan regulasi fintech.

References

Adawiyah, A. Z., dan Suprihhadi, H. (2017). Pengaruh Modal, Aset, dan UkuranPerusahaan Terhadap Profitabilitas Perbankan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). APJII. (2022). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Retrieved July 7, 2022, https://apjii.or.id/survei
Aprilia, J., dan Handayani, S. R. (2018). Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional, Non Performing Loan, Dan Loan To Deposit Ratio Terhadap Return On Asset Dan Return On Equity (Studi pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Tahun 2012–2016). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Astutiningsih, K. W., dan Baskara, I. G. K. (2019). Pengaruh CAR, Dana Pihak Ketiga, Ukuran Bank, dan LDR terhadap profitabilitas Bank Perkreditan
Rayat. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
Biru Prasasti Ningtias, M. (2022). Pengaruh Financial Technology (Fintech) Terhadap Profitabilitas Perbankan Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN Tahun 2012- 2020) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Data Indonesia (2021) Perkembangan Perusahaan Fintech di Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/jumlah-fintech-di-indonesia-terus- meningkat-hingga-2021
Dharmatanna, E. C. (2020). Pengaruh Financial Technology Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).
Dewi, N. G. (2020). Pengaruh Risiko Likuiditas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perbankan di Bursa Efek Indonesia. JIFA (Journal of Islamic Finance and Accounting.
Fahmi, Irham. 2018. Pengantar Manajemen Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanggara, D. D. (2019). LKP: Perancangan, Pengimplementasian dan Evaluasi Strategi Pemasaran Serta Penerapan E-Marketplaces Pada UKM PJ Collection (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Herliyanti, A.W. (2021). Pengaruh CAR, Rasio BOPO dan NIM Terhadap Profitabilitas (Bank Konvensional Yang Terdaftar di BEI Periode 2017- 2019) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).
Kasmir 2019. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan 11. Depok
Mariani, D., & Suryani, S. (2018). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kinerja Sosial Dan Kinerja Lingkungan Sebagai Variabel Moderator (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Dan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011- 2015). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan.
Manda, G. S., & Hendriyani, R. M. (2020). Analisis Tingkat Kesehatan Bank Menggunakan Metode Profil Risiko, Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, Pendapatan & Modal (Studi Komparasi Antara Bank Umum Konvensional Dan Bank Umum Syariah di Indonesia Lemabaga Yang Terdaftar Pada Otoritas Layanan Keuangan. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
Martini, M. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perbankan di Indonesia. Sebatik. Mukaromah, N., & Supriono. (2020) Pengaruh Kecukupan Modal, Risiko Kredit,Efisiensi Operasional, dan Likuiditas Terhadap Profitabilitas Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 – 2017. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech).
Ningsih, D. S., Rizmaningsih, T. N., Gibran, Y. A., & Wahyudi, R. (2022). Analisis Peran Perkembangan Financial Technology Berbasis Syariah:Peer To Peer Lending dan Crowdfunding di Indonesia. JASIE.
Pasaribu, D. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Mahkota Bisnis (Makbis).
Peraturan Bank Indonesia No. 19/12/PBI/2017 Tentang Penyelenggaraan Financial Technology.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (PJOK) No. 77/PJOK.01/2016 Tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (PJOK) No. 18/40/PBI/2016 Tentang Pemrosesan Transaksi Pembayaran.
Pertiwi, L., & Susanto, L. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Pada Perbankan Yang Terdaftar Di Bei. Jurnal Paradigma Akuntansi.
Pinasti, W. F., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh CAR, BOPO, NPL, NIM dan LDR terhadap profitabilitas bank umum periode 2011-2015. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen.
Praja, N. B. A., dan Hartono, U. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Capital Adequacy Ratio (Car), Loan To Deposit Ratio (Ldr), Non Performing
Loan (Npl) Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa Yang Terdaftar Di Indonesia Periode 2012-2016. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM).
Prihadi, T. (2020). Analisis Laporan Keuangan. 2nd ed. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Survei.apjii.or.id (2022) Data Pertumbuhan Internet di Indonesia (1990-2021) https://survei.apjii.or.id/. Surat Edaran Bank Indonesia No. 6/23/DPNP Tahun 2004. Kriteria Penetapan Rasio Keuangan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Triyanti, D. I. (2019). Pengaruh Company Characteristics Dan Risk Management Committee Terhadap Enterprise Risk Management Dimensi Iso 31000:
2009. J. Akunt. AKUNESA
Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang- Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan.
Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang Badan Usaha Milik Negara.
Utami, P., & Tasman, A. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Efisiensi Operasional, Kualitas Aset, dan Likuiditas Terhadap Tingkat Kecukupan Modal Pada Sektor Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ecogen.
Widyaningtyas, D. P., & Puspitasari, A. G. A. (2021). Analisis Pengaruh BOPO dan LDR Terhadap Profitabilitas Perbankan yang Go Public Tahun 2014- 2019. Applied Research in Management and Business.
Yuttama, F. R., dan Kristanto, G. (2021). Faktor Internal yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan. J-LEE-Journal of Law, English, and Economics. Yuttama, F. R., dan Slamet, S. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kinerja Keuangan di Perusahaan Perbankan. Ekonomis : Jurnal Fakultas
Ekonomi.

Downloads

Published

2023-12-12