Pengaruh potongan harga, suasana kedai kopi, dan kualitas layanan pada kepuasan pelanggan kedai kopi di purwokerto

Authors

  • Isma Asyifa Urohmah Universitas Harapan Bangsa
  • Puspita Lianti Putri Universitas Harapan Bangsa
  • Slamet Universitas Harapan Bangsa

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Potongan Harga, Suasana Kedai Kopi, Kualitas Layanan.

Abstract

Pertumbuhan dan perkembangan bisnis yang sangat pesat mengharuskan suatu usaha untuk mempelajari dan memahami kebutuhan serta keinginan pelangggannya, sehingga akan menciptakan rasa kepuasan bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari potongan harga, suasana kedai kopi, dan kualitas layanan pada kepuasan pelanggan kedai kopi di Purwokerto. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 145 responden pengunjung kedai kopi di Purwokerto, teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, dan teknik analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel potongan harga berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, suasana kedai kopi berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, dan kualitas layanan berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan. Peneliti ini memiliki keterbatasan dimana pada penelitian ini hanya menjelaskan beberapa faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Untuk peneliti selanjutnya, sebaiknya menambahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan menambah sampel atau menggunakan metode yang berbeda.

References

Abdullah, T., dan F. Tantri. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Antari, N. P. I. S., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh promosi, suasana café dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada hangout acoustic café gianyar emas, 3(11), 40-48.
Aziza, V. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Sydwic Café.eProceedings of Management,6(3).
Banyumas. (2020). Badan Pusat Statistik Kabupaten Banyumas. Tersedia daring dari: https://banyumaskab.bps.go.id/
Banyumas, K. (2018). Data dan informasi kabupaten Banyumas 2018.Tersedia daring dari:https://banyumaskab.bps.go.id/publication/2018/08/16/a70faf0fe6d4c623995cfb5e/kabupatenbanyumas-dalam-angka-2018.html [Diakses 10 Desember 2019]
Cucu Sumartini, L., dan Fajriany Ardining Tias, D. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 3(2), 111–118. https://doi.org/10.37339/e-bis.v3i2.124
Daryanto. (2021). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gaya Media
Dewi, I. K. (2018). Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angaktan 2013/2014 Konsumen Traveloka) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Dhuaha, D. S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT Blue Bird Group Tbk. Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana.
Faustin, M. A. (2021). Pengaruh Diskon, Kualitas Pelayanan dan Atmosfer Toko terhadap Pembelian Impulsif di Jungkir Balik Eat & Coffee Sidoarjo. 1–11.
Festinger, Leon. (1957).A Theory Of Cognitive Dissonance.Stanford:Stanford University Press
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
Hariyanto. (2020). Pengaruh Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Jurnal Penelitian Manjemen Terapan (Penataran), 6(1), 1–14.
International Coffee Organization (ICO). (May 2021). World Coffee Consumption. Diakses pada tanggal 25 April 2022 dari; https://www.ico.org/prices/newconsumption-table.pdf
Iswati, N., dan Rustam, T. A. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Guardian Grand. Jurnal Ekuivalensi, 8(1), 68-79.
Kotler dan Keller. 2017. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lestari, A. A., & Aprileny, I. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen (Studi Konsumen pada Kedai Camp Survivor, Bogor). Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan suasana toko terhadap kepuasan konsumen (Studi Konsumen pada Kedai Camp Survivor, Bogor), 1-15.
Levy, M dan Weitz, B. 2016. Retailing Management. New York, America: McGraw-Hill/Irwin
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.
Mandasari, D., Mulyani, S., dan Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Pelayanan Mangsi Grill and Coffee Denpasar. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(3), 336. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i03.p01
Mutahir, A., Chusna, A., Taufiqurrohman, M., dan Santoso, J. (2021). Studi warung kopi di kota purwokerto,. Jurnal Pengembangan Kota, 9(2), 215–230. https://doi.org/10.14710/jpk.9.2.215-230
Nanincova, N. (2019). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan noach cafe and bistro. Agora, 7(2).
Poha, F. R., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey Pengunjung Kopi Dari Hati Marisa). Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 86-104.
Prayogo, D., Utami, B., & Hidayat, M. S. (2019). Pengaruh Store Atmosphere, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen ( Studi Pada Dreamblack Coffee Mojokerto ). Jurnal Manajemen, 1–15
Rahmawati, I., Sa’adah, L., dan Amalia, N. (2020). Faktor Diskon, Bonus Pack dan In Store Display serta Pengaruhnya terhadap Pembelan Impulsif. LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia. Bogor.
Safitri, R. S. N. I., & Utami, S. S. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe & Resto. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 17(2).
Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). Pengaruh presepsi harga, kualitas pelayanan, atmosphere café terhadap kepuasan. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 702-709.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tussakdiah, N. H. (2021). Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 250-259.
Wikipedia. (2023). Letak geografis kota Purwokerto https://id.wikipedia.org/wiki/Purwokerto_(kota)
Zikri, A., dan Harahap, M. I. (2022). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 923–926.
Zulkarnaen, W., dan Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Zumar., F., dan Priansa. (2017). Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta. Tjiptono.
https://lynk.id/sscpurwokerto

Downloads

Published

2023-12-12