Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Produk, dan Inovasi Produk Pada Kinerja Pemasaran UMKM Kuliner di Kabupaten Cilacap

Authors

  • Nareswari Hidayah Wuryanto Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Puspita Lianti Putri Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Slamet Slamet Universitas Harapan Bangsa Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35960/j-lee.v5i2.1225

Keywords:

Orientasi Kewirausahaan, Kreativitas Produk, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstract

Kinerja pemasaran penting untuk dicapai karena kinerja pemasaran merupakan ukuran pencapaian yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi kewirausahaan, kreativitas produk, dan inovasi produk pada kinerja pemasaran UMKM kuliner di Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM kuliner di Kabupaten Cilacap. Dalam pengambilan sampel menggunakan jenis non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Diperoleh 115 sampel pelaku UMKM kuliner di Kabupaten Cilacap. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung dan melalui google form. Jawaban dari responden akan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25 dengan menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran, kreativitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran, dan inovasi produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan, kreativitas produk, dan inovasi produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran UMKM kuliner di Kabupaten Cilacap. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain, memperbanyak jumlah sampel, serta melakukan penelitian pada UMKM di sektor lain.

References

Aldo, M., dan Mayliza, R. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar Dan Kreatifitas Terhadap Kinerja Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (Amdk) Pada PT. Umega Sembilan Berlian Gunung Medan Dharmsasaraya.
Amrulloh, F., dan Hidayat, W. (2018). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi terhadap kinerja pemasaran (studi kasus pada UMKM kerajinan logam di Kabupaten Tegal). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(1), 35-46.
Ariani, N. L. P., dan Handayani, M. M. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kreativitas Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Pada UMKM Produk Endek Di Kota Denpasar). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 186-195.
Arifin, S. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran Pada Sentra Industri Kue dan Roti di Desa Bugo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 848-859.
Aristiyo, R., dan Murwatiningsih, M. (2017). Meningkatkan Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kemitraan. Management Analysis Journal, 6(1), 36-44.
Dismawan, R. (2013). Pengaruh Kreativitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kue Soes Pada Toko Kue Soes Merdeka Di Jl. Jurnal Skripsi. Bandung: Jurusan Manajemen Ekonomi Universitas Komputer Indonesia.
Fathussyaadah, E., & Ratnasari, Y. (2019). Pengaruh stres kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan di Koperasi Karya Usaha Mandiri Syariah Cabang Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 5(2), 16-35.
Felix, F. (2021). Orientasi Kewirausahaan dan Kemampuan Inovatif terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(3), 267-272.
Hanipa, H. (2019). PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN EMOTIONAL VALUE TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA BNI SYARIAH KC PANORAMA BENGKULU (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Harini, S., Silaningsih, E., dan Putri, M. E. (2022). Pengaruh orientasi pasar, kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 6(1), 67-82.
Kusuma, K. A. N, dan Rastini, N. M. (2017). Peran Kunggulan Bersaing Memediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(8), 4240-4268.
Marlina, M. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Produk, dan Kreativitas Pelaku Usaha Terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM (Studi pada UMKM di Kota Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Merakati, I., Rusdarti, R., dan Wahyono, W. (2017). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, orientansi kewirausahaan melalui keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114-123.
Methasari, M., Kurniawan, G., dan Sidik, A. R. (2018). Analisis Orientasi Pasar, Inovasi Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Di Kabupaten Madiun. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 8(2).
Nasir, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di Kabupaten Pasuruan. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 5(1), 20-25.
Nizam, M. F., Mufidah, E., dan Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA, 5(2), 100-109.
Numat, M., Lukitaningsih, A., dan Hutami, L. T. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Strategi Pemasaran, Inovasi dan Orientasi Kewirausahan Terhadap Kinerja Pemasaran melalui Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Mediasi pada UMKM Batik di Kota Yogyakarta dalam Masa Pandemik Covid-19. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(4), 1167-1190.
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis dampak penciptaan brand image dan aktifitas word of mouth (WOM) pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14-29.
Pratama, G. P. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran yang Dimediasi oleh Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Kerajinan Guitar di Desa Baki, Sukoharjo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Priatin, Y., Surya, D., dan Suhendra, I. (2017). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variabel intervening (Studi pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gerabah di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(1).
Sijabat, R. (2017). Penguatan Kinerja Pemasaran Melalui Pengembangan Inovasi dan kreativitas Program Kerja Pada Wirausaha Muda di Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 16(1), 26-42.
Sulaeman, M. (2018). Pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran (studi pada industri tahu di Sentra Industri Tahu Kota Banjar). Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 2(1), 154-166.
Supranoto, M. (2009). Strategi menciptakan keunggulan Bersaing produk melalui orientasi pasar, Inovasi, dan orientasi kewirausahaan Dalam rangka meningkatkan kinerja Pemasaran (Studi empiris pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil dan Menengah di kota Semarang) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO

Downloads

Published

2023-12-12