PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, BEBAN PAJAK TANGGUHAN, PAJAK KINI DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA

Authors

  • Dwi hayu Etrini Universitas Nasional Karangturi
  • Sri Edah Universitas Nasional Karangturi
  • Tiara Universitas Nasional Karangturi

Abstract

Adanya praktik manajemen laba dapat diuji menggunakan pendekatan perencanaan pajak, beban pajak tangguhan, beban pajak kini dan kualitas audit. Objek penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017 – 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan sampel ditentukan berdasarkan teknik pengambilan sampel (purposive sampling). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 perusahaan dengan 70 sampel laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2017 – 2021. Penelitian ini menggunakan teori keagenan, dimana adanya perbedaan kepentingan antara pihak pemilik dengan pihak manajemen sehingga dapat digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan. Berdasarkan hasil analisis penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa perencanaan pajak dan kualitas audit tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan beban pajak tangguhan dan pajak kini berpengaruh sangat signifikan terhadap manajemen laba.

 Kata Kunci:

 Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Pajak Kini, Kualitas Audit, Manajemen Laba

References

Indarsari, M. S., & Winedar, M. (2020, September). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 - 2018). Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volume 4, 153 – 165.

Lestari, F. (2018). Pengaruh Profitabilitas dan Beban Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba. Sosio E-Kons, 10(3), 42-49.

Lidiawati, N. &. (2016). Pengaruh Kualitas Audit, Komite Audit, Kepemilikian Institusional, Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(5), 1-19.

Downloads

Published

2023-12-12