ANALISIS TREND DAN PELUANG BISNIS PRODUK HERBAL

ANALISIS TREND DAN PELUANG BISNIS PRODUK HERBAL

Authors

  • Dian Widyaningtyas Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Keywords:

Trend, produk herbal, bisnis, peluang

Abstract

Herbal merupakan jenis tanaman yang mengandung saripati dan zat aktif yang dapat digunakan untuk pengobatan. Industri produk herbal berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis tren untuk melihat kecenderungan perkembangan produk herbal pada tahun 2026. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya prosentase kenaikan pada nilai produk domestik Industri Kimia, Farmasi dan Obat Tradisional untuk tahun 2017-2021. Peningkatan yang tinggi ditunjukkan dengan capaian 0,14% pada tahun 2021. Lebih lanjut hasil analisis tren menunjukkan bahwa di tahun 2025 perkiraan tren PDB harga berlaku mencapai 591.154,46 milyar rupiah dan meningkat senilai 643.757,22 milyar rupiah pada tahun 2026. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia dengan kekayaan biodiversity mempunyai peluang yang besar dalam mengembangkan usaha produk herbal.

References

Ali, I. & Yadav, M. (2015). A Study of Consumer Perception of Herbal Products in Bhopal (with Special Reference to Vindhya Herbal Products). International Journal of Management Studies, 2 (1), 69-80. https://www.researchgate.net/publication/325895625

Annur, C. M. 2023. Tiongkok hingga AS Negara Tujuan Ekspor Tanaman Obat RI. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/04/tiongkok-hingga-as-ini-negara-tujuan-ekspor-tanaman-obat-ri-pada-2022

Badan POM. 2022. Wujudkan kemandirian nasional penyediaan bahan baku yang bermutu untuk obat bahan akam yang berdaya saing.https://www.pom.go.id/siaranpers/wujudkan-kemandirian-nasional-penyediaan-bahan-baku-yang-bermutu-untuk-obat-bahan-alam-yang-berdaya-saing

Brown, B. S., Emmett, D., & Chandra, A. (2009). Attitudes and behavior of african-americans regarding the consumption of herbal products - An exploratory study. Journal of Hospital Marketing and Public Relations, 19(1), 40–51. https://doi.org/10.1080/15390940802581655

Ekor, M. (2014). The growing use of herbal medicines : issues relating to adverse reactions and challenges in monitoring safety. Frontiers in Pharmacology, 4(January), 1–10. https://doi.org/10.3389/fphar.2013.00177

Elfahmi, Woerdenbag, H. J., & Kayser, O. (2014). Jamu: Indonesian traditional herbal medicine towards rational phytopharmacological use. Journal of Herbal Medicine, 4(2), 51–73. https://doi.org/10.1016/j.hermed.2014.01.002

Ismail, S., & Mokhtar, S. S. (2015). The antecedents of herbal product actual purchase in Malaysia. Management Science Letters, 5, 771–780. https://doi.org/10.5267/j.msl.2015.5.011

Kusnandar, V. B. 2022. Industri Kimia Farmasi dan Obat Tradisional terus tumbuh di masa Pandemi Covid19.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/29/industri-kimia-farmasi- dan-obat-tradisional-terus-tumbuh-di-masa-pandemi-covid-19

Kosasih, D.T. 2021. Pandemi Covid19 Permintaan Obat Meningkat. https://www.liputan6.com/saham/read/4608061/pandemi-covid-19- permintaan-obat-herbal-meningka t?page=3

Miller, L. G., Hume, A. L., & Harris, I. M., Jackson, E. & Kanmaz, T. J., Cauffield, J., Chin, T., & Knell, M. (2000). White Paper on Herbal Products. Pharmacotherapy, 20 (7), 877-891. https://doi.org/10.1592/phco.20.9.877.35200.

Rizaty, M. A. 2022. Tanaman Obat dan Rempah RI laku Triliunan Rupiah di Pasar Global. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/18/tanama n-obat-dan-rempah-ri- laku-triliunan-rupiah-di-pasar-global

Saokaew, S., Suwankesawong, W., Permsuwan, U., & Chaiyakunapruk, N. (2011). Safety of herbal products in Thailand: An analysis of reports in the thai health product vigilance center database from 2000 to 2008. Drug Safety, 34(4), 339–350. https://doi.org/10.2165/11586590-000000000-00000

Widyaningtyas, D., Untoro, W., Setiawan, A. I., & Wahyudi, L. (2023). Health awareness determines the consumer purchase intention towards herbal products and risk as moderator. Contaduríay Administración, 68(3), 396. http://dx.doi.org/10.22201/fca.24488410e.2023.3426

Downloads

Published

2024-07-01