PENGARUH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA UMKM DI PURBALINGGA

Authors

  • Indra Sukma Subagio Universitas Harapan Bangsa
  • Esti Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.35960/j-lee.v2i01.592

Keywords:

E-Commerce, Informasi Akuntansi, Kinerja UMKM

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar utama ekonomi yang berperan dalam peningkatan PDB. Banyak UMKM masih menggunakan cara konvensional untuk mengemas dan memasarkan produknya, sehingga arah pemasarannya tersebar secara merata. E-commerce dapat memberikan penggiat UMKM perluasan jangkauan bisnis, sehingga mampu memasuki pangsa pasar baru, meningkatkan efisiensi pemasaran dan penjualan serta memperbaiki operasi bisnis. Selain teknologi informasi, penggunaan informasi akuntansi juga merupakan salah satu faktor penting dalam keberlangsungan hidup sebuah entitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran e-commerce dan informasi akuntansi dalam meningkatkan kinerja UMKM di Purbalingga. Dengan sampel 28 penggiat UMKM, diperoleh bahwa e-commerce tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja UMKM. Lebih lanjut, informasi keuangan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kinerja UMKM tapi dengan arah yang negatif. Hal ini menunjukan bahwa, peran e-commerce dan informasi keuangan belum digunakan secara maksimal sehingga kurang memberikan dampak terhadap kinerja UMKM di Purbalingga.

References

Audretsch, D. B. (2009). The entrepreneurial society. The Journal of Technology Transfer, 34(December 2008), 245–254. https://doi.org/10.1007/s10961-008-9101-3
Becker, S. A., Klinger, K., Neidig, J., & Reed, S. (2008). Electronic Commerce: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications.
Cicea, C., Popa, I., Marinescu, C., Ștefan, S. C., & Simona, C. (2019). Determinants of SMEs ’ performance : evidence from European countries Determinants of SMEs ’ performance : evidence from. Economic Research, 32(1), 1602–1620. https://doi.org/10.1080/1331677X.2019.1636699
Deloitte Access Economics. (2015). UKM pemicu kemajuan Indonesia.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gopang, M. A., Nebhwani, M., Khatri, A., & Marri, H. B. (2017). An assessment of occupational health and safety measures and performance of SMEs : An empirical investigation. Safety Science, 93, 127–133. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2016.11.024
Jehangir, M., Dominic, P. D. D., & Downe, A. G. (2011). Technology Resources and E-Commerce Impact on Business Performance. Digital Information Processing and Communications, 440–441.
Kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2017 - 20kementrian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (Umkm) Dan Usaha Besar (Ub) Tahun 2017 - 2018 (Vol. 2000). R (Vol. 2000). Retrieved from http://www.depkop.go.id/data-umkm
Konings, J., & Roodhooft, F. (2002). The effect of e-business on corporate performance: firm level evidence for belgium***. DE ECONOMIST 150, (5), 569–581.
Muller, P., Devnani, S., Julius, J., Gagliardi, D., & Marzocchi, C. (2016). Annual Report on European SMEs 2015/2016.
Pinasti, M. (2007). Pengaruh Penyelenggaraan Dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi : Suatu Riset Eksperimen. Simposium Nasional Akuntansi X, 1–21.
Pramiswari, D. A. A., & Dharmadiaksa, I. B. (2017). PENGARUH E-COMMERCE DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK BERWIRAUSAHA. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 20(1), 261–289.
Purnata, I. W. R., & Suardikha, I. M. S. (2019). Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 296–321.
Romero, C. Q., & Rodrı´guez, D. R. (2010). Int . J . Production Economics E-commerce and efficiency at the firm level. International Journal of Production Economics, 126, 299–305. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2010.04.004
Romney, M. B., & Steinbart, P. J. (2018). Accounting Information Systems. New York: Pearson.
Saraswati, E., & Subagio, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Pemahaman Sistem Informasi Akuntansi Serta Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada RSUD. Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Journal of Law, English and Economics, 01, 11–27.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Method For Business. In Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (Seventh Ed). Wiley.
Triandra, N., Hambali, D., Nurasia, & Rosalina, N. (2019). Analisis Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Di Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 6–10. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.259
Wernerfelt, B. (1984). A Resource-Based View of the Firm. Strategic Management Journal, 5(2), 171–180. Retrieved from http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/smj.4250050207/abstract
Wibowo, A., & Kurniawati, E. P. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KECIL MENENGAH ( STUDI PADA SENTRA KONVEKSI DI KECAMATAN TINGKIR. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XVIII(2), 107–126.
Zwass, V. (1996). Electronic Commerce : Structures and Issues. International Journal of Electronic Commerce, 1(1), 3–23. https://doi.org/10.1080/10864415.1996.11518273

Downloads

Published

2021-03-03

Issue

Section

Articles