STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN

Authors

  • Puspita Lianti Putri Universitas Harapan Bangsa
  • Kartika Dwi Chandra Sari Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/j-lee.v2i02.674

Keywords:

Keunggulan Bersaing, Inovasi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Meningkatnya pertumbuhan perusahaan startup mendorong berkembangnya teknologi sistem pembayaran dalam bertransaksi. Perkembangan non tunai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, selain didukung oleh kemajuan teknologi, adanya perubahan pola hidup masyarakat dan berkembangnya inovasi menambah macam transaksi non tunai. Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan alat pembayaran non  tunai. Pada tanggal 14 Agustus 2014 Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Dengan menggunakan e-payment transaksi pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. Seiring pertumbuhan e-payment, muncul berbagai macam fitur e-payment seperti e-cash, smart card, e-cheque, e-wallet, dan lainnya. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif senantiasa memiliki kemampuan dalam memahami perubahan struktur pasar dan mampu memilih strategi pemasaran yang efektif. Dengan menciptakan inovasi, sebuah produk dapat memiliki posisi strategis di pasar, memiliki life cycle yang lebih panjang, dan dapat menahan serangan dari para pesaing serta dapat memenuhi keinginan pasar (konsumen). Dengan demikian perusahaan akan selalu senantiasa memuaskan konsumennya dengan memenuhi keinginan para konsumen dengan melakukan inovasi-inovasi atas produknya. Tujuan utama perusahaan, khususnya perusahaan startup adalah menciptakan konsumen yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan maupun produk yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang menawarkan dompet elektronik adalah Go-Pay. Go-Pay berdiri di bawah naungan PT Dompet Anak Bangsa, entitas anak usaha PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Go-Pay adalah salah satu financial technology di Indonesia yang merupakan layanan mobile payment yang terdapat pada platform Gojek. Untuk menciptakan keunggulan bersaing dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dalam beberapa tahun Go-Pay terus melaukan inovasi dan melebarkan sayapnya ke berbagai lembaga keuangan guna menjangkau lebih banyak jenis pembayaran yang semakin memudahkan pengguna. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui Strategi Menciptakan Kunggulan Bersaing Melalui Inovasi Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode non probability sampling, simple random sampling. Penelitian ini menggunakan  penelitian kuantitatif kausal, pengguna Go-Pay di daerah Purwokerto, Jawa Tengah sebagai sampel. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM (Structural Equation Modeling) dengan program Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

References

Buchari, A., (2004). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Alfabeta, Bandung.
https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan-konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/uang-elektronik/Pages/default.aspx
Kotler, Philip; Armstrong, Garry.(2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran.. Jilid 2 Edisi 11. Indeks. Jakarta.
Longenecker, G Justin et al. (2001). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil (Edisi II). Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
Lupiyoadi, Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
Mullin, John W dan Orville C Walker. (2005). Marketing Management A Strategic Decision. fifth edition. New York: McGraw Hill.
Porter, Michael E. (2008).Competitive advantage (Keunggulan Bersaing). Karisma Publishing Group. Tangerang.
Rangkuti, Freddy. (2003). Business Plan. Gramedia. Jakarta.
Suci, Anggit Gunito. (2018). Dampak Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Peningkatan Nilai Pelanggan. Jurnal Ekonomi.
Teoh, Wendy Ming-Yen et.al. (2013). "Factors affecting consumers’ perception of
electronic payment: an empirical analysis", Internet Research, Vol. 23
Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Malang .
Wulandari, Deasy Putu, dan Andi. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing. Jurnal Ekonomi. Vol. 7 No. 1.
Pardede, Pontas M. (2011). Manajemen Strategik Dan Kebijakan Perusahaan, Penerbit: Mitra Wacana Media. Jakarta.
Wahyono. (2002). Orientasi Pasar dan Inovasi : Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi kasus pada Industri Meubel di Kabupaten Jepara).JurnalSains Pemsaran Indonesia Vol I, No 1 Program Magister Manajemen .Universitas Diponegoro.
Widjaja, Andree Welly, dan Riswan. (2016). Pengaruh Inovasi, Kreativitas, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keunggulan Kompetitif. Jurnal Sistem Informasi Universitas Pelita Harapan.

Downloads

Published

2021-09-13

Issue

Section

Articles