Pengaruh Motivasi, Kompetensi dan Pengalaman Auditor terhadap Kualitas Audit

Authors

  • Lusi Yuliarti Universitas Harapan Bangsa
  • Giovanny Bangun Kristianto Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/j-lee.v4i1.790

Keywords:

motivasi, kompetensi, pengalaman, kualitas, audit

Abstract

Penyusunan sebuah laporan keuangan merupakan sebuah kewajiban bagi sebuah industri baik dalam skala kecil, menengah dan besar. Kemudian kewajiban lainnya lagi adalah penilaian atas kewajaran sebuah laporan keuangan tersebut, dimana penilaian tersebut dilakukan oleh pihak eksternal yaitu Kantor Akuntan Publik (KAP). KAP sebagai pihak eksternal atau pihak ketiga dipekerjakan oleh sebuah perusahaan dan menjadi penghubung antara agen dan prinsipal. Oleh karena itu dengan keadaan tersebut memunculkan adanya teori keagenan, yang akan menimbulkan biaya keagenan bagi sebuah perusahaan yang menggunakan jasanya. Dalam memberikan sebuah jasa pemeriksaan dalam laporan keuangan, seorang auditor yang bekerja di KAP perlu memberikan kualitas yang terbaik atas pelaksanaan audit yang dilaksanakan. Pada penelitian ini menyajikan faktor-faktor seperti motivasi, kompetensi dan pengalaman auditor yang akan memberikan pengaruh terhadap kualitas audit. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada auditor pada KAP yang berada di Pulau Jawa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa variabel motivasi auditor, kompetensi auditor dan pengalaman auditor memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit, baik secara parsial dan secara simultan.

References

Alam, Syamsu; Arfah, E. A. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit pada KAP di Makasar. EQUITY: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 16(2 Desember 2021).

Ardini, L. (2010). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Akuntabilitas Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit. Majalah Ekonomi Tahun XX, 3, 6–7.

Arens, A. A. . R. J. E. M. S. B. (2014). Auditing and Assurance Services (15th Editi). Pearson Education Limited.

Beach, L. R. (1993). Making The Right Decision Organiztional Culture, Vision and Planning. Prentice-Hall Inc.

Chakravarti, L. R. (1967). Handbook of Methods of Applied Statistics (I). Jhon Wiley and Sons.

Christiawan, Y. Y. (2002). Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(2).

Christina, E. (2007). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit. Penelitian Universitas Negeri Semarang.

Dkk, A. (2007). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X.

Dwi Karnia, N. (2015). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Motivasu dab Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. (Studi Empiris Pada Aparat Inspektorat Provinsi Jawa Tengah). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 4(4), 2337–3806. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Fauziah, F. (2017). Pengaruh Kompetensi, Independen, Dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Auditor Bpkp Perwakilan Provinsi Sumatera Utara). Owner, 1(1), 37–41. https://doi.org/10.33395/owner

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP.

Goleman, D. (2001). Emotional Intelligence. PT Gramedia Pustaka Utama.

Gujarati, D. N. (2006). Ekonometrika Dasar. Erlangga.

Haier. (2002). Statistik II. Elex Media Komputindo.

Hanjani, A. (2014). Pengaruh Etika Aufitor, Pengalaman Auditor, Fee Audit, dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit. (Studi pada Auditor KAP di Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 3(2), 2337–3806. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting

Jensen, M.C., and W. H. M. (1976). Theory of the firm: managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of Financial Economics, 3, 3:305−360.

Khairunita. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit APIP dengan Independensi Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Inspektorat Provinsi Sumatera …. Jurnal Penelitian Medan Agama, 11(2 Tahun 2020). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/8651

Maslow, A. H. (2010). Motivation and Personality. Rajawali.

Singgih, S. (2001). Statistik Parametrik. Komputindo.

Sitinjak, T. J. S. (2006). LISREL. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami (1st ed.). Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2022-07-11

Issue

Section

Articles