MENUNJANG KINERJA GURU DENGAN MEMPERHATIKAN PELATIHAN KARYAWAN, KEPUASAN KERJA , DAN KOMITMEN ORGANISASI

  • Dian Novitasari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga
  • Erna Sudarmawanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga
  • Mokhammad Khukaim Barkhowa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga
Keywords: pelatihan karyawan, kepuasan kerja, komitmen organisasi, kinerja guru

Abstract

Peran sumber daya manusia disini menjadi lebih penting saat ini karena kontribusi dari sumber daya manusia diharapkan oleh organisasi atau perusahaan yang sebagian besar telah menghadapi persaingan yang ketat dalam kegiatan mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pelatihan karyawan, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 orang responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara mengirimkan kuesioner kepada responden di SMK Negeri 1 Bawen tipe penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis scale dan regresi linier berganda, uji t , uji F, dan Koefisien Determinasi. Secara parsial Pelatihan karyawan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan sedangkan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada SMK Negeri 1 Bawen. Secara simultan Pelatihan Karyawan, Kepuasan Kerja, dan Komitmen berpengaruh signifikan terhadap SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian berikutnya perlu menggunakan variabel – variabel lainnya seperti pengembangan karir, lingkungan kerja, dan loyalitas karyawan yang lebih berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Author Biographies

Dian Novitasari, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga

Program Studi Manajemen, STIE AMA Salatiga, Indonesia

Erna Sudarmawanti, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMA Salatiga

Program Studi Akuntansi, STIE AMA Salatiga, Indonesia

References

Adiyasa, N. I. W. and W. Windayanti (2019). "Pengaruh motivasi, kepuasan kerja, dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. XYZ." Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis 2(1): 23-30.
Afandi, P. (2018). "Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator)." Riau: Zanafa Publishing.
Agusta, L. and E. M. Sutanto (2013). "Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Cv Haragon Surabaya. Universitas Kristen Petra. Surabaya. e-Jurnal. Vol. 1, No. 3 (2013) http." fportfolio. petra. ac. id/user_files/91-022. Diakses tanggal 31.
Aprileoni, W. P., et al. (2020). "PENGARUH KEDISIPLINAN, PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU." Comm-Edu (Community Education Journal) 3(3): 297-307.
Ardinata, B., et al. (2017). Pengaruh Kompetensi, Komitmen Organisasional dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru (Studi Padasekolah Al Azharsyifa Budi II Kota Pekanbaru), Riau University.
Augusty, F. (2018). "Structural equation modeling dalam penelitian manajemen." Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro 143.
Gala, I. N., et al. (2017). "Pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap Kinerja mengajar guru IPA di smp se-Kota Poso." Mitra Sains 5(2): 58-66.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 25, Badan Penerbit - Undip.
Handayani, D. (2019). "Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Motivasi, Serta Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Smk Negeribanyuasin." Jurnal Ilmu Manajemen 6(2): 140-150.
Handoko, T. H. (2013). "Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia." Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Hidayat, R., et al. (2016). "Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri Di Kota Mataram." Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 1(2): 298748.
Kreitner, R. and A. Kinicki (2014). Organizational behavioral, Boston: McGraw-Hill.
Mangkunegara, A. and A. Prabu (2014). "Manajemen Sumber Daya." Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mardiana, Y. R. and D. Syarif (2018). Komitmen Organisasi, Makassar: Nas Media Pustaka.
Ningsih, P. (2016). "Pengaruh Komitmen, Kompetensi, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara (Study Kasus pada SMA Negeri 1 Pasangkayu dan MA DDI Pasangkayu)." Katalogis 4(11).
Putra, S., et al. (2020). "KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DENGAN DISIPLIN BELAJAR ANAK USIA DINI SELAMA MASA PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi Fenomenologis di Raudatul Atfal Al-Fithriah Medan Johor)." EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan 4(2).
Raf, M. (2012). "Analisis Eksplanatori Faktor Daya Saing Industri Kecil (Studi Pada Sentra Industri Kecil Batik Di Kota Jambi)." Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship) 14(2): 91-101.
Ranupandojo, H. d. H., S (2011). Manajemen Personalia. Yogyakarta, Penerbit BPFE UGM.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno, B. (2018). Kontribusi Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru dalam Proses Belajar Mengajar di SMK Muhammadiyah Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Widayati, F., et al. (2020). "Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Guru." Journal of Education Research 1(3): 251-257.
Widodo, S. E. (2015). "Manajemen pengembangan sumber daya manusia."
Zakharia, F. (2014). "Pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru SMP Yadika 3 Tangerang." Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial 3(1): 1-7.
Published
2022-07-28
Section
Articles