PENGARUH JUMLAH PENGIKUT MEDIA SOSIAL TERHADAP KUNJUNGAN SITUS WEB BULANAN RITEL DARING DI INDONESIA

Authors

  • Slamet Slamet Universitas Harapan Bangsa
  • Faizal Rizky Yuttama Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/j-lee.v4i02.967

Keywords:

media sosial, ritel daring, situs web

Abstract

Media sosial berperan besar sebagai media komunikasi yang efektif untuk meningkatkan keterikatan pelanggan hingga kunjungan ke situs web ritel daring. Penelitian ini menguji besarnya pengaruh jumlah pengikut tiga media sosial yakni Twitter, Instagram, dan Facebook terhadap rata-rata kunjungan situs web bulanan ritel daring di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data peta persaingan ritel daring di Indonesia yang diterbitkan oleh Iprice Insights. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pengikut Twitter dan Facebook tidak berpengaruh pada kunjungan situs web ritel daring. Di sisi lain, jumlah pengikut Instagram berpengaruh positif pada kunjungan situs web ritel daring. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa jumlah pengikut Twitter, Instagram, dan Facebook secara simultan berpengaruh positif pada kunjungan situs web ritel daring. Penelitian di masa mendatang bisa mempertimbangkan aspek penggunaan aplikasi ritel daring pada smartphone dan bisa dilakukan pada situs web dan media sosial UMKM.

References

Chaffey, D. dan Chadwick, F.E. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Seventh Edition. New York: Pearson.

Chaffey, D. dan Smith, P.R. (2012) E-marketing Excellence, Planning, and Optimising Your Digital Marketing. 4th edition. Taylor & Francis.

Carr, C.T. dan Hayes, R.A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication. Vol. 23, No. 1, hal. 46-65.

Fulgoni, G.M. (2014), Omni Channel Retail Insights and The Path to Purchase. Journal of Advertising Research.

Hidayat, S., Suryantoro, H., dan Wiratama, J. (2017). Pengaruh Media Sosial Facebook terhadap Perkembangan E-Commerce di Indonesia. Jurnal SIMETRIS. Vol. 8, No. 2, hal. 415-420.

Hootsuite. (2022) Digital 2022: Indonesia. https://datareportal.com. (diakses pada 17 November 2022).

Iprice Insights. (2018). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id (diakses pada 17 November 2022).

Iprice Insights. (2019). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id (diakses pada 17 November 2022).

Iprice Insights. (2020). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id (diakses pada 17 November 2022).

Iprice Insights. (2021). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id (diakses pada 17 November 2022).

Iprice Insights. (2022). Peta E‑Commerce Indonesia. https://iprice.co.id (diakses pada 17 November 2022).

Laudon, K. C. dan Laudon, J. P. (2014). Sistem Informasi Manajemen Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 13. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Priansa, D.J. dan Suryawardani, B. (2020). Effects of E-Marketing and Social Media Marketing on E-commerce Shopping Decisions. Jurnal Manajemen Indonesia. Vol. 20, No. 1, hal. 76-82.

Ritonga, A.S. dan Muhandhis, I. (2022). Clustering E-Commerce Tweet Data Using the K-Means Method (Case Study of Blibli Indonesia's Twitter Account). STIKI Informatika Jurnal. Vol. 12, No. 1, hal. 75-84.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles