https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/issue/feed J-LEE - Journal of Law, English, and Economics 2021-09-13T12:50:32+07:00 Muhammad Soali muhammadsoali@gmail.com Open Journal Systems <p>Journal of Law, English and Economics (J-LEE) is a social scientific journal published by the Faculty of Social Sciences of Harapan Bangsa University (UHB). J-LEE manages articles related to the fields of Law, English Education, and Economics (Accounting and Management) for the benefit of academics, practitioners, researchers, regulators, students and parties interested in the development of these fields and is expected to be able to make a real contribution to the development of the fields of Law, English Education and Economics. J-LEE accepts quantitative and qualitative research articles in both Indonesian and English. J-LEE is published regularly every six months in Juni and Desember.</p> https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/669 FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN 2021-09-13T12:38:03+07:00 Faizal Rizky Yuttama faizal@uhb.ac.id Giovanny Kristanto giovanny@uhb.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh faktor internal perusahaan perbankan. Penelitian dengan judul : “Faktor Internal yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan pada Perusahaan Perbankan”. Sampel dalam penelitian ini adalah 36 bank umum yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2016-2019 dengan pengampilan sampel menggunakan <em>purposive sampling</em> dengan kriteri-kriteria tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif terhadap <em>Return on assets</em> (ROA), <em>Non Performing Loan</em> (NPL) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap <em>Return on Assets</em> (ROA), dan <em>Loan to Deposit Ratio</em> (LDR) berpengaruh positif terhadap <em>Return on Assets</em> (ROA).</p> <p><strong>Keyword </strong>: Dana Pihak Ketiga, NPL, LDR, ROA</p> 2021-09-13T10:53:20+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/675 PEGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN 2021-09-13T12:40:01+07:00 Puspita Lianti Putri puspita@uhb.ac.id Iin Dyah Indrawati iin@uhb.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Perkembangan non tunai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, selain didukung oleh kemajuan teknologi, adanya perubahan pola hidup masyarakat dan berkembangnya inovasi menambah macam transaksi non tunai. Meningkatnya pertumbuhan perusahaan<em> startup </em>mendorong berkembangnya teknologi sistem pembayaran dalam bertransaksi. Metode pembayaran yang awalnya dilakukan dengan pembayaran tunai bergeser menjadi pembayaran non tunai.&nbsp; Tujuan utama perusahaan, khususnya perusahaan <em>startup</em> adalah menciptakan konsumen yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan maupun produk yang ditawarkan. Agar perusahaan <em>startup</em> tetap bertahan, perusahaan harus menetapkan secara matang strategi persaingan perusahaannya. Perusahaan dapat melakukan diferensiasi dengan cara mengenali sumber keunggulan kompetitif yang mungkin ada, memiliki ciri pembeda utama yang dimiliki perusahaan, memilih penentu posisi yang efektif di pasar dan mengkomunikasikan penentu&nbsp; &nbsp;posisinya&nbsp; &nbsp;di&nbsp;&nbsp; pasar. Kepuasan konsumen dapat menciptakan hubungan antara perusahaan dan pelanggan menjadi harmonis, memberikan dasar yang baik untuk terciptanya kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Industri <em>financial technology </em>(<em>fintech</em>) merupakan salah satu metode layanan jasa keuangan yang mulai populer di era digital sekarang ini. Sektor inilah yang kemudian paling diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat untuk mendorong peningkatan jumlah masyarakat yang memiliki akses kepada layanan keuangan salah satu perusahaan <em>startup fintech</em> yang menciptakan uang elektronik yaitu PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang kerap dikenal dengan Gojek. Guna menunjang aplikasi yang dikembangkannya, gojek menambahkan fitur dalam mempermudah transaksi didalam penggunaan layanannya. Gopay adalah metode pembayaran elektonik yang disediakan dan terdapat dalam fitur aplikasi gojek guna untuk mempermudah transaksi, pembayaran, pengguna, driver, maupun perusahaan bagi perusahaan itu sendiri. Untuk menciptakan meningkatkan kepuasan pelanggan, dalam beberapa tahun Gopay terus melaukan inovasi dan melebarkan sayapnya ke berbagai lembaga keuangan guna menjangkau lebih banyak jenis pembayaran yang semakin memudahkan pengguna. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui Pengaruh Strategi Diferensiasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode <em>non</em> <em>probability sampling, simple random sampling. </em>Penelitian ini menggunakan&nbsp; penelitian kuantitatif kausal, pengguna Gopay di daerah Purwokerto, Jawa Tengah sebagai sampel. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM (<em>Structural Equation Modeling) </em>dengan program <em>Analysis of Moment Structure</em> (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa diferensiasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> 2021-09-13T10:55:14+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/670 ANALISIS PELAKSANAAN AUDIT TERHADAP BADAN LAYANAN UMUM DAERAH PUSKESMAS SESUAI PERMENDAGRI 79 TAHUN 2018 DI KABUPATEN BANYUMAS 2021-09-13T11:10:28+07:00 Giovanny Bangun Kristianto giovanny@uhb.ac.id Puspita Lianti Putri puspita@uhb.ac.id <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Ditengah Pandemi COVID-19 di Indonesia, begitu besar biaya yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, serta alokasi anggaran dipusatkan untuk penanganan COVID-19. Pertolongan pertama pada pasien COVID-19 adalah pada Puskesmas. Sehingga Badan Pemeriksa Keuangan mendelegasikan tugas untuk melakukan pemeriksaan kepada setiap Puskesmas. Penelitian ini menegaskan mengenai pelaksanaan audit pada Puskesmas di Kabupaten Banyumas. Puskesmas menerapkan Badan Layanan Umum Daerah. Terdapat sebanyak 39 puskesmas di Kabupaten Banyumas. Pemeriksaan dilakukan pada 4 puskesmas yang diaudit oleh KAP Drs. Oetoet Wibowo. Tahapan pemeriksaan adalah pada perencanaan audit, pelaksanaan dan pelaporan. Pada perencanaan termasuk diantaranya perikatan audit, pembahasan wawancara awal dengan puskesmas, program audit, prosedur audit dan lingkup audit yang dilakukan. Pada pelaksanaan diawali dengan penentuan materialitas, penilaian risiko, pengambilan sampel, dan perolehan bukti audit. Pelaksanaan audit didasarkan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 tahun 2018 tentang Bdan Layanan Umum Daerah. Pada tahapan akhir adalah pelaporan. Pelaporan audit berupa opini yang didukung dengan bukti audit yang diperoleh. Hasil temuan audit dikomunikasikan melalui management letter dan di tanggapi oleh masing-masing Puskesmas. Penilaian risiko pada puskesmas mendapatkan adalah pada pengakuan utang BPJS, persediaan obat-obatan dan aset tetap. Kedepannya kegiatan pemeriksaan terhadap puskesmas perlu dilakukan secara berkala terhadap pendapatan dan penggunaan anggaran dari APBD dan APBN.</p> 2021-09-13T10:56:33+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/674 STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN 2021-09-13T12:46:24+07:00 Puspita Lianti Putri puspita@uhb.ac.id Kartika Dwi Chandra Sari kartikadwichandra@uhb.ac.id <p>Meningkatnya pertumbuhan perusahaan<em> startup </em>mendorong berkembangnya teknologi sistem pembayaran dalam bertransaksi. Perkembangan non tunai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, selain didukung oleh kemajuan teknologi, adanya perubahan pola hidup masyarakat dan berkembangnya inovasi menambah macam transaksi non tunai. Bank Indonesia (BI) terus mendorong penggunaan alat pembayaran non&nbsp; tunai. Pada tanggal 14 Agustus 2014 Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Dengan menggunakan e-payment transaksi pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, dan aman. Seiring pertumbuhan e-payment, muncul berbagai macam fitur e-payment seperti e-cash, smart card, e-cheque, e-wallet, dan lainnya. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing. Perusahaan yang memiliki keunggulan kompetitif senantiasa memiliki kemampuan dalam memahami perubahan struktur pasar dan mampu memilih strategi pemasaran yang efektif. Dengan menciptakan inovasi, sebuah produk dapat memiliki posisi strategis di pasar, memiliki <em>lif</em><em>e cycle </em>yang lebih panjang, dan dapat menahan serangan dari para pesaing serta dapat memenuhi keinginan pasar (konsumen). Dengan demikian perusahaan akan selalu senantiasa memuaskan konsumennya dengan memenuhi keinginan para konsumen dengan melakukan inovasi-inovasi atas produknya. Tujuan utama perusahaan, khususnya perusahaan <em>startup</em> adalah menciptakan konsumen yang merasa puas atas pelayanan yang diberikan maupun produk yang ditawarkan. Salah satu perusahaan yang menawarkan dompet elektronik adalah Go-Pay. Go-Pay berdiri di bawah naungan PT Dompet Anak Bangsa, entitas anak usaha PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. Go-Pay adalah salah satu <em>financial technology</em> di Indonesia yang merupakan layanan <em>mobile payment</em> yang terdapat pada <em>platform</em> Gojek. Untuk menciptakan keunggulan bersaing dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dalam beberapa tahun Go-Pay terus melaukan inovasi dan melebarkan sayapnya ke berbagai lembaga keuangan guna menjangkau lebih banyak jenis pembayaran yang semakin memudahkan pengguna. Pada penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui Strategi Menciptakan Kunggulan Bersaing Melalui Inovasi Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode <em>non</em> <em>probability sampling, simple random sampling. </em>Penelitian ini menggunakan&nbsp; penelitian kuantitatif kausal, pengguna Go-Pay di daerah Purwokerto, Jawa Tengah sebagai sampel. Metode Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SEM (<em>Structural Equation Modeling) </em>dengan program <em>Analysis of Moment Structure</em> (AMOS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, inovasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan serta keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.</p> 2021-09-13T11:04:30+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/678 The THE IMPLEMENTATION OF ENGLISH LANGUAGE SKILLS TEACHING AND LEARNING DURING THE PANDEMIC OF COVID-19 2021-09-13T12:47:30+07:00 Tri Pujiani tripujiani@uhb.ac.id Putra Akbar Wibawa poetra.slayer@gmail.com Nur Azzizatun Zahro akuazizahnz@gmail.com Intan Fadilah Iryaninda intanfadilah194@gmail.com <p>Since March 2020, based on Circular letter dated 4 March 2020, Indonesia has implemented online learning to stop the outbreak of covid-19 virus. This immediate shift requires many adjustments, especially in skill subjects such as English Language Skills. This research aimed to describe the implementation of English Language Skills teaching during covid-19 pandemic in some universities in Indonesia. This research was a descriptive qualitative research with questionnaire used to obtain the data. The respondents of this research were English lecturers from some universities in Indonesia as many as 25 lecturers. The result showed that the biggest problem in online learning was internet connection. The lecturers were required to enhance their technology literacy and to be creative in designing the learning process to motivate the students to learn. Besides, the students needed to be more active in searching learning sources independently. The active participations of both lecturers and students are definitely important for the effectiveness of online teaching and learning. It is expected that this research may be reference for all education practitioners in implementing online learning for English Language Skills subjects</p> 2021-09-13T11:08:19+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://ejournal.uhb.ac.id/index.php/J-LEE/article/view/688 HIGH FUNCTIONING AUTISTIC STUDENTS’ LEARNING STRATEGIES IN WRITING TEXTS IN INCLUSIVE SCHOOLS 2021-09-13T12:50:32+07:00 Muhammad Soali muhammadsoali@shb.ac.id Benny Krisbiantoro bennykrisbiantoro@uhb.ac.id <p>The aims of this study were to: 1) describe the process of how HFA students learn descriptive texts in inclusive classes, 2) disclose the influencing factors of HFA students’ success in writing descriptive texts in inclusive classes, 3) examine the learning strategies used by the HFA students in writing descriptive texts in inclusive classes.</p> <p>A qualitative study was used as a method of this study. The participants of this study were four HFA students at the seventh grade of inclusive schools. This study was conducted in two schools in Junior High School of Yogyakarta and Purwokerto, Central Java. Interview, observation, and documentation were used to collect the data. Moreover, this study used data condensation, data display, conclusion drawing, or verification to analyze the data.</p> <p>The results generally showed that the pictures were employed by HFA students as inspiration to enhance their ability in writing descriptive texts. Involving them into fun activities could enhance social skill dealing with their social impairments. HFA students choose particular strategies to accomplish particular task. There are some crucial factors that determine the success of autistic students in writing English descriptive texts. They are internal factors and external factors. Internal factors cover: motivation 1) autistic students’ perception on learning strategies used, 3) learning experiences. Internal factors consist of: 1) environment; 2) teacher’s strategies; 4) role of special guidance teachers. In addition, two dominant strategies are used when learning English. They are memory strategies and cognitive strategies. The last, one of the factors that influence the students’ choice of learning strategies is teacher’s teaching strategies.</p> <p>Keywords: Learning Strategies, English Learning Strategies, Memory strategies, Cognitive Strategies, Autistic Students, HFA Students.</p> 2021-09-13T11:09:43+07:00 ##submission.copyrightStatement##