Pengelolaan Digital Marketing Agrowisata Techno 44

Authors

  • Heri Setiawan Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fithri Selva Jumeilah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Fernando Africano Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Alditia Detmuliati Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Astika Ulfah Izzati Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v2i2.1025

Abstract

Pengelolaan pemasaran perlu untuk dilakukan oleh semua bidang usaha, tak terkecuali pada bidang usaha pariwisata. Salah satu obyek wisata baru yang ada di Provinsi Sumatera Selatan adalah Agrowisata Tekno 44 yang terletak di Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan. Obyek wisata ini tergolong obyek wisata baru sehingga perlu pengelolaan pemasaran agar meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke obyek wisata ini. Permasalahan yang ditemukan pada obyek wisata ini adalah belum banyaknya masyarakat yang tahu akan adanya obyek wisata ini. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan pengelola obyek wisata untuk mengelola pemasaran. Dikarenakan saat ini merupakan era digital dimana informasi akan menyebar luas di media digital, oleh sebab itu dibuatkan kegiatan sosialisasi mengenai pemanfaatan digitalisasi dalam melakukan pemasaran. Dalam hal ini disosialisasikan penggunaan media sosial Instagram untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan awareness masyarakat akan keberadaan Agrowisata Tekno 44.

References

Fatantia, M. N., & Suyadnya, I. W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination Brand? Procedia - Social and Behavioral Sciences 211.

Kemp, S. (2023). Instagram Users, Stats, Data & Trends. Retrieved from https://datareportal.com/essential-instagram-stats?utm_source=DataReportal

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi.

Moens, M.-F., Li, J., & Chua, T.-S. (2014). Mining User Generated Content. London: Chapman & Hall.

Mulya, Q. P., & Yudana, G. (2021). ANALISIS PENGEMBANGAN POTENSI KAWASAN WISATA SUNGAI MUSI SEBAGAI TUJUAN WISATA DI KOTA PALEMBANG. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

Nendi, I., Koesharijadi, & Merthayasa, A. A. (2022). Peran promosi dan kualitas pelayanan pada keputusan konsumen di marketplace. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif & analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Riyanto, A. D. (2023). Retrieved from Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2023: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Rozi, f., & Khuzaini. (2021). PENGARUH HARGA, KERAGAMAN PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACESHOPE. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemene-ISSN: 2461-0593 .

Rukmiyati, N. M., & Suastini, N. M. (2016). Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Wisatawan. Conference on Management and Behavioral Studies.

Sema, P. (2013). Does Social Media Affect Consumer Decision Making? Johnson & Wales University - Providence.

Soemanagara, R. (2016). Strategic Marketing Communication (Konsep Strategis & Terapan). Alfabeta.

Subrahmanyam, K., Reich, S. M., Waechter, N., & Espinoza, G. (2008). Online and offline social networks: Use of social networking sites by emerging adults☆. Journal of Applied Developmental Psychology, 420-433.

Wulandari, S., & Supratman, N. A. (2018). Potensi Penggunaan Media Sosial Bagi UKM. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri.

Zulfa, M., & Yudhianto, D. (2017). Model Peningkatan Pembelian Pada Media Belanja Online Instagram Melalui Orientasi Belanja, Kualitas Web, Harga Dan Word of Mouth Communications. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Setiawan, H., Jumeilah, F. S., Africano, F., Detmuliati, A., & Izzati, A. U. (2023). Pengelolaan Digital Marketing Agrowisata Techno 44. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 2(2), 119–126. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i2.1025

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)