Optimalisasi Pengunaan Media Sosial di BAPENDA Kalimantan Tengah

Authors

  • Elia Zakharia STMIK Palangkaraya
  • M. Marstilla Syahra STMIK Palangkaraya
  • Noven Samuel Sabatto STMIK Palangkaraya
  • Andri Setiawan STMIK Palangkaraya
  • Melina Agatha Oslan STMIK Palangkaraya
  • Siska Anggelina STMIK Palangkaraya
  • Dio Ade Prasetya STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v2i4.1268

Keywords:

media sosial, konten, interaksi

Abstract

Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Provinsi Kalimantan Tengah adalah badan milik pemerintah yang melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor, wajib pungut distribusi bahan bakar minyak, retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, retribusi jasa lainnya dan sumbangan pihak ketiga di seluruh wilayah Kalimantan Tengah. Berdasarkan hasil wawancara dengan masyarakat Palangka Raya, banyak di antara masyarakat tidak tahu tugas BAPENDA. BAPENDA sudah memiliki media sosial, yakni Facebook dan Instagram. Berdasarkan penyataan pegawai BAPENDA, media sosial BAPENDA belum digunakan secara optimal. Tim PKM mengusulkan kegiatan pelatihan pada BAPENDA. Kegiatan PKM tersebut berisikan cara membuat konten yang berkualitas dan relevan, serta cara berinteraksi dengan masyarakat lewat media sosial. Pelatihan pada BAPENDA berjalan dengan baik, seluruh materi yang direncanakan berhasil disampaikan. Pada PKM ini, tim PKM tidak bisa mengukur dampak PKM lewat pretest dan postest, karena kantor BAPENDA sedang melakukan renovasi. Faktor lainya, para pegawai cukup sulit menyediakan waktu, karena harus melakukan tugas pokok dan fungsi mereka.

References

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 1(1).

Baihaqi, Maulinda, & Ulfa, M. (2019). Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 2(1).

BAPENDA, K. (2023, 10 16). Beranda. Retrieved from BAPENDA Kalimantan Tengah: https://bapenda.kalteng.go.id

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 59—68.

Kuswandi, E. R., & Fadillah, N. (2019). Perbandingan Metode Robert dan Metode Prewitt Untuk Deteksi Tepi pada. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), 3(2).

Lumasuge, O., Tindi, A., & Sinsu, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Profil Berbasis Multimedia Untuk Pemerintah Kampung Kuma1 Kecamatan Tabukan Tengah. Jurnal Ilmiah Tatengkorang, 21-26.

Olanrewaju, A.-S. T., Hossain, M. A., & Whiteside, N. (2020). Social media and entrepreneurship research: A literature review. International Journal of Information Management, 90–110.

Statista. (2023, 7). Most popular social networks worldwide as of July 2023, ranked by number of monthly active users. Retrieved from Statista: https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/

Zakharia, J., Fenriana, I., & Kusuma, E. D. (2020). Aplikasi Pengenalan Suara Hewan Pada TK Pelangi dengan Metode Forward Chaining. JURNAL ALGOR, 1(2).

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Elia Zakharia, M. Marstilla Syahra, Noven Samuel Sabatto, Andri Setiawan, Melina Agatha Oslan, Siska Anggelina, & Dio Ade Prasetya. (2023). Optimalisasi Pengunaan Media Sosial di BAPENDA Kalimantan Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 2(4), 203–211. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i4.1268

Issue

Section

Articles