Implementasi Aplikasi Kamus Audio Visual Bahasa Dayak Ngaju-Bahasa Inggris Pada PKBM Kencana Nusantara

Authors

  • Lili Rusdiana STMIK Palangkaraya
  • Catharina Elmayantie STMIK Palangkaraya
  • Veny Cahya Hardita STMIK Palangkaraya
  • Arif Rahman STMIK Palangkaraya
  • Rini Dian Lestari STMIK Palangkaraya
  • James Reynara B. Mahat STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1303

Keywords:

Aplikasi Kamus, Audio Visual, Bahasa Dayak Ngaju, Bahasa Inggris, PKBM

Abstract

Bahasa daerah dan bahasa Inggris tidak asing lagi dalam pelajaran yang disajikan dalam bentuk mata pelajaran diberikan untuk siswa Sekolah Dasar, baik swasta maupun negeri. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan pada PKBM Kencana Nusantara untuk siswa tingkat sekolah dasar yaitu mengenai pembelajaran bahasa Dayak Ngaju dan bahasa Inggris dalam bentuk aplikasi kamus dengan fitur audio visual. Aplikasi menyuguhkan 3 topik yaitu tentang makanan dan minuman, anggota tubuh, dan peralatan di dalam kelas. Kegiatan ini diikuti oleh 19 siswa dan 2 tutor PKBM untuk mendampingi siswa. Metode penyampaian materi dilakukan secara teori dan praktik. Antusias siswa dalam mengikuti kegiatan diukur dengan  polling sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung. Dari hasil pretest, ditemukan masih ada siswa yang tidak suka atau menjawab “tidak” untuk pertanyaan yang diberikan terkait materi dari kegiatan pengabdian. Namun, setelah kegiatan dilakukan, melalui posttest, didapat semua siswa suka atau menjawab “ya” untuk pertanyaan yang diberikan terkait kegiatan pengabdian. Hal ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa dan mempraktikannya, terutama  bahasa Dayak Ngaju dan bahasa Inggris melalui aplikasi kamus berfitur audio visual.

References

Darmanto, S., Darmawan, D., & Bukirom, B. (2021). Pelatihan Kecakapan Hidup Siswa PKBM Bangun Bangsa Kota Semarang Berbasis IT-Preneurship. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 18–23. https://doi.org/10.30996/jpm17.v6i1.5140

Elmayantie, C., Hadi, A., Hardita, V. C., Rusdiana, L., Andriawan, D., Rudini, R., & Zulkarnain, D. (2021). Implementasi Pembelajaran VLAN Menggunakan Model Small Office Home Office untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(2).

Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2019). Web-based picture dictionary of Dayak Ngaju language–English. Proceedings of the 4th INACELT (International Conference on English Language Teaching), 3, 71–80.

Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2020). Audio Visual Learning Application of Dayak Ngaju Language—English. Proceedings of the 4th INACELT (International Conference on English Language Teaching), 4, 48–61.

Hardita, V. C., Rusdiana, L., & Elmayantie, C. (2022). Pendampingan Penerapan E-Learning Sebagai Sarana Mengajar Untuk Guru MTS dan MA Miftahul Jannah. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 692–697. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i3.4835

Herkules, H., Matatula, F., Rusdiana, L., Hardita, V. C., & Elmayantie, C. (2022). Implementasi Aplikasi Video Editing pada KPU Kota Palangka Raya. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNPPKM), 795–801.

Himmah, E. F., Elmayantie, C., Rusdiana, L., & Hardita, V. C. (2022). Implementasi Aplikasi Kamus Bergambar Bahasa Dayak Ngaju-Bahasa Inggris Bagi Anak. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 5(1), 21–32.

Himmah, E. F., Yuliarti, Y., Elmayantie, C., & Rusdiana, L. (2021). Peningkatan Profesionalisme Guru SMK Negeri-1 Palangka Raya Melalui Bimbingan Penelitian Tindakan Kelas. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 155–161. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.883

Kemendikbudristek. (2021, Oktober). Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Muatan Tematik Pembelajaran di Sekolah Dasar. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/10/penggunaan-bahasa-daerah-sebagai-muatan-tematik-pembelajaran-di-sekolah-dasar

Maduwu, B. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta, 50.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 6(1), 23–28.

Rusdiana, L., Putra, A. P. M., Hermawan, H., Insan, J., & Vebriyanti, N. (2023). Penerapan Sosialisasi Edukasi dan Informasi New Normal Menggunakan E-Poster Pada SDN 1 SIKUI. 2(2), 58–65. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i2.1056

Wulandari, W., & Dewi, Y. P. (2021). Pemberdayaan PKBM Bina Bangsa Tangerang dalam Mendukung Promosi Pencegahan Penyebaran COVID-19. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 34. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.504

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Rusdiana, L., Elmayantie, C., Hardita, V. C., Rahman, A., Lestari, R. D., & Mahat, J. R. B. (2024). Implementasi Aplikasi Kamus Audio Visual Bahasa Dayak Ngaju-Bahasa Inggris Pada PKBM Kencana Nusantara. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1303

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)