Peningkatan Kemampuan Desain Grafis untuk Menunjang Uji Kompetensi Peserta Didik Tingkat SMK Kejuruan Multimedia

Authors

  • Iis Setiawan Mangkunegara Universitas Harapan Bangsa
  • Arif Setia Sandi A Universitas Harapan Bangsa
  • Hadi Jayusman Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1360

Keywords:

Desain Grafis, CorelDraw, Uji Kompetensi

Abstract

Desain grafis menjadi keterampilan yang semakin penting dalam era digital saat ini, tidak hanya dalam dunia profesional tetapi juga dalam konteks pendidikan. Artikel ini membahas tentang strategi untuk meningkatkan kemampuan desain grafis siswa agar mereka lebih siap menghadapi uji kompetensi. Dengan latar belakang kebutuhan akan kemampuan desain grafis yang tinggi dan kurangnya pelatihan yang memadai untuk lulusan sekolah menengah kejuruan, solusi yang diajukan adalah mengintegrasikan pembelajaran desain grafis ke dalam kurikulum dengan fokus pada persiapan uji kompetensi. Penggunaan teknologi dan perangkat lunak desain grafis yang tepat juga diperkenalkan sebagai alat yang dapat mempercepat pembelajaran dan meningkatkan kualitas karya siswa. Pelatihan ini diselenggarakan guna membantu meningkatkan kemampuan desain grafis siswa secara signifikan, mempersiapkan mereka untuk tantangan di dunia nyata, serta memberikan alat yang kuat dalam menyampaikan ide dan informasi secara visual. Kegiatan ini terbukti berhasil, dilihat dari hasil perbandingan pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan nilai yang merepresentasikan kemampuan.

References

Ariyanto, Arif Setia Sandi, Deny Nugroho Triwibowo, Raden Bagus B. Sumantri, and Rito Cipta Sigitta Haryono. 2023. “PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI SPSS UNTUK MENUNJANG TUGAS AKHIR MAHASISWA.” 3(2):195–99.

Arumi, E. R., and Auliya Burhanuddin. 2018. “Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Dengan Pelatihan Corel Draw.” Jurnal Pengabdian Dharma … 1(2):69–74.

Banuwa, Anisa Kuswandari, and Annastasia Nika Susanti. 2021. “Evaluasi Skor Pre-Test Dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA Di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung.” Jurnal Ilmiah Widyaiswara 1(2):77–85. doi: 10.35912/jiw.v1i2.1266.

Bergman, Esther M., Anique B. H. De Bruin, Marc A. T. M. Vorstenbosch, Jan G. M. Kooloos, Ghita C. W. M. Puts, Jimmie Leppink, Albert J. J. A. Scherpbier, and Cees P. M. Van Der Vleuten. 2015. “Effects of Learning Content in Context on Knowledge Acquisition and Recall: A Pretest-Posttest Control Group Design.” BMC Medical Education 15(1):1–11. doi: 10.1186/s12909-015-0416-0.

Coyanda, John Roni, Desy Iba Ricoida, and Dwi Asa Verano. 2023. “Pelaksanan Ujian Kompetensi IT Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di SMKN Suak Tapeh Banyuasin.” AKM: Aksi Kepada Masyarakat 4(1):191–98. doi: 10.36908/akm.v4i1.858.

Magdalena, Ina, Miftah Nurul Annisa, Gestiana Ragin, and Adinda Rahmah Ishaq. 2021. “Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(2):150–65.

Muharni, Sita, and M. Adie Syaputra. 2023. “Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak Pada Smk Negeri 1 Trimurjo.” Jabb 4(1):2023.

Pradoko, Susilo A. M. 2017. Paradigma Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: UNY Press.

Rogers, John, and Andrea Révész. 2019. “Experimental and Quasi-Experimental Designs.” The Routledge Handbook of Research Methods in Applied Linguistics 133–43. doi: 10.4324/9780367824471-12.

Sandi A, Arif Setia, Bambang Soedijono, and Asro Nasiri. 2022. “Use of Tam for Evaluation of Internship Information System.” Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) 13(1):44. doi: 10.56327/jurnaltam.v13i1.1216.

Toresa, Dafwen, Pandu Prama Putra, Bayu Febriadi, and Susi Handayani. 2023. “PELATIHAN DASAR JARINGAN KOMPUTER UNTUK SISWA TEKNIK KOMPUTER UTP Cable , Computer Network , LAN , Mini Internet , SMK Migas Innovation Pendahuluan Penggunaan Teknologi Dalam Bidang Komputer Dewasa Ini Semakin Meningkat , Seiring Dengan Perkembangan Ilmu.” 3(1):27–32.

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Mangkunegara, I. S., Ariyanto, A. S. S., & Jayusman, H. (2024). Peningkatan Kemampuan Desain Grafis untuk Menunjang Uji Kompetensi Peserta Didik Tingkat SMK Kejuruan Multimedia. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(1), 76–81. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1360

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)