Penyuluhan Branding Bagi Kelompok Wanita Tani Nua Luri Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Jual Produk Hortikultura di Kelurahan Malumbi, Sumba Timur

Authors

  • Junaedin Wadu Program Studi Agribisnis, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Suryaningsih Ndahawali Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Diana Andayani Djoh Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1420

Keywords:

Branding, Kelompok Wanita Tani Nua Luri, Hortikultura

Abstract

ABSTRAK

Kelompok wanita tani Nua Luri merupakan kelompok tani yang mengusahakan produk  hortikultura di Kelurahan Malumbi Kecamatan Kambera, di Kabupaten Sumba Timur, karena mempunyai potensi sumber  daya lahan cukup serta didukung dengan irigasi teknis yang berada pada daerah tersebut,  sehingga hal ini menjadi peluang yang baik dan perlu dimanfaatkan oleh para petani. Produk-produk hortikultura  yang diusahakan cukup beragam mulai dari sawi, kankung, bayam, tomat, jagung manis, terong dan komoditas lainnya. Namun beberapa permasalahan seperti salah satunya adalah daya saing produk hasil pertanian belum begitu baik, dimana akan dapat menyebabkan nilai jual produk hortikultura menjadi rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya saing produk hortikultura bagi  kelompok tersebut maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan  memberikan merek/ branding pada produk pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan pada kelompok  Wanita Tani Nua Luri di Kelurahan Malumbi, kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.  Metode dalam kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan pelabelan dan  penggunaan kemasan pada produk hortikultura, selanjutya dilakukan demo secara langsung  terkait pengemasan dan pelabelan pada produk. Hasil pelatihan menghasilkan logo dan nama  produk fresh farm Nua Luri. Peserta antusias dan aktif mengikuti kegitan tersebut.

References

Ainun N., Wahida H., & Maming R. 2023. Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 6(1): 674 - 681

Diarta IKS., Lestari PW., & Dewi IAPC. 2016. Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis. 4(2): 170-187

Hutajulu ED., Mahendra MS., & Astawa INY. 2018. Pengaruh Berbagai Jenis Kemasan Terhadap Umur Simpan dan Perubahan Fisiko-Kimia pada Buah Stroberi (Fragaria sp.). E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 7(2): 211-219

Kotler, Philip dan David Gertner. 2004. Country as Brand, Product and Beyond: a Place Marketing and Brand Management Perspective in Morgan, Nigel., Annettr Pritchard dan Roger Pride. 2004. Destination Brand ing: Creating the Unique Destination Proposition. New York: Elsevier

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Wadu, J., Ndahawali, S., Talakua, A. C., & Djoh, D. A. (2024). Penyuluhan Branding Bagi Kelompok Wanita Tani Nua Luri Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Jual Produk Hortikultura di Kelurahan Malumbi, Sumba Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(2), 173–178. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1420

Issue

Section

Articles