Penyuluhan Branding Bagi Kelompok Wanita Tani Nua Luri Dalam Rangka Meningkatkan Nilai Jual Produk Hortikultura di Kelurahan Malumbi, Sumba Timur
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1420Keywords:
Branding, Kelompok Wanita Tani Nua Luri, HortikulturaAbstract
ABSTRAK
Kelompok wanita tani Nua Luri merupakan kelompok tani yang mengusahakan produk hortikultura di Kelurahan Malumbi Kecamatan Kambera, di Kabupaten Sumba Timur, karena mempunyai potensi sumber daya lahan cukup serta didukung dengan irigasi teknis yang berada pada daerah tersebut, sehingga hal ini menjadi peluang yang baik dan perlu dimanfaatkan oleh para petani. Produk-produk hortikultura yang diusahakan cukup beragam mulai dari sawi, kankung, bayam, tomat, jagung manis, terong dan komoditas lainnya. Namun beberapa permasalahan seperti salah satunya adalah daya saing produk hasil pertanian belum begitu baik, dimana akan dapat menyebabkan nilai jual produk hortikultura menjadi rendah. Oleh karena itu untuk meningkatkan daya saing produk hortikultura bagi kelompok tersebut maka diperlukan strategi pemasaran yang tepat, salah satunya dengan memberikan merek/ branding pada produk pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan pada kelompok Wanita Tani Nua Luri di Kelurahan Malumbi, kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur. Metode dalam kegiatan ini adalah memberikan penyuluhan dan pelatihan pelabelan dan penggunaan kemasan pada produk hortikultura, selanjutya dilakukan demo secara langsung terkait pengemasan dan pelabelan pada produk. Hasil pelatihan menghasilkan logo dan nama produk fresh farm Nua Luri. Peserta antusias dan aktif mengikuti kegitan tersebut.
References
Ainun N., Wahida H., & Maming R. 2023. Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah. 6(1): 674 - 681
Diarta IKS., Lestari PW., & Dewi IAPC. 2016. Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis. 4(2): 170-187
Hutajulu ED., Mahendra MS., & Astawa INY. 2018. Pengaruh Berbagai Jenis Kemasan Terhadap Umur Simpan dan Perubahan Fisiko-Kimia pada Buah Stroberi (Fragaria sp.). E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 7(2): 211-219
Kotler, Philip dan David Gertner. 2004. Country as Brand, Product and Beyond: a Place Marketing and Brand Management Perspective in Morgan, Nigel., Annettr Pritchard dan Roger Pride. 2004. Destination Brand ing: Creating the Unique Destination Proposition. New York: Elsevier
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Junaedin Wadu, Suryaningsih Ndahawali, Alfrian Carmen Talakua, Diana Andayani Djoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.