Edukasi Psikologis Konsumen Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemilang II

Authors

  • Mahmud Junianto Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Dika Setiagraha Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Welan Mauli Angguna Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Andriansyah Bari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Melisa Kurnia Asfitri Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1431

Keywords:

psikologi konsumen, edukasi, engagement

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi memahami psikologis konsumen untuk meningkatkan daya saing usaha Kelompok Wanita Tani Gemilang 2. Peserta pelatihan adalah ibu ibu kelompok wanita tani gemilang 2 yang berjumlah 11 orang. Edukasi dilakukan menggunakan metode diskusi interaktif dan praktik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdiri dari tiga tahap, yaitu (i) persiapan, (ii) pelaksanaan, (iii) evaluasi dan kesimpulan. Pada tahap pelaksanaan kegiatan edukasi ini dilakukan dalam 2 sesi, pertama edukasi psikologis konsumen, kedua edukasi digital marketing. Kegiatan dilakukan selama 3 jam dengan istirahat selama 15 menit pada setiap sesi. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memiliki peningkata pemahaman psikologis konsumen dan memahami strategi digital marketing untuk meningkatkan engagement konsumen. Berdasarkan hasil tersebut maka kegiatan edukasi ini berjalan dengan lancar dan tujuan kegiatan tercapai dengan baik.

References

Prabela, C, V, E., Kumadji, S., Mawardi, M, K. (2016). Pengaruh integrated marketing communication (IMC) dan public relations terhadap citra merek dan keputusan pembelian (Survey pada pengunjung Haris Hotel & Convention Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 5 (2).

Yuniaris, W. (2011). Pengaruh integrated marketing communications terhadap loyalitas pengguna kartu pasca bayar halo di Malang. Manajemen Bisnis. 1 (1). 21-32.

Pratiwi, N, T & Zaini, A. (2018). Pengaruh integrated marketing communication (IMC), public relations, dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada pengunjung the Balava Hotel. 4 (1). 49-52.

Rahayu, Puspita Puji., Agustina, Menik Tetha., Fitriyatinur, Q. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Kompetensi Profesionalisme Guru Bagi Peserta Didik. Hospitality, 11(1).

Yuliansyah, H., Mulasari, S, A., Tentama, F., Sulistyawati,S., Nafiati, L., & Sukesih, T, W. (2022). Pengembangan dan Pemanfaatan Platform Digital Untuk Desa Wisata di Desa Ngoro-oro Gunungkidul. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 56–65. https://doi.org/10.20895/IJCOSIN.V2I1.385

Wicaksono, P. (2019). UMKM Berperan Penting Atasi Kemiskinan di Sumatera Selatan. Tempo. https://bisnis.tempo.co/read/1191395/umkm-berperan-penting-atasi-kemiskinan-disumateraselatan/full&view=ok

Widyaningtyas, D. P., Wulandari, Maranata, H. B., Puspitasari, Fa. G., & Wijayaa, T. M. (2022). Pelatihan Kewirausahaan UMKM E-cpmmerce Di Kelurahan Monokrembangan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.2961

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Mahmud, Setiagraha, D., Welan, Andriansyah, & Melisa. (2024). Edukasi Psikologis Konsumen Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Gemilang II. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(2), 158–163. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1431

Issue

Section

Articles