Pelatihan Literasi Media Digital Bagi Siswa Calon Pelaku UMKM di SMKN 49 Jakarta Utara

Authors

  • Enjang Pera Irawan Universitas Mercu Buana
  • Yuliawati Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i3.1452

Keywords:

literasi, digital, enterpreneur, UMKM, pelatihan

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan membantu calon pelaku UMKM di SMKN 49 Jakarta Utara dalam mengadopsi teknologi digital untuk meningkatkan bisnis mereka. Melalui pelatihan ini, diharapkan calon pelaku UMKM menjadi di pasar e-commerce. Pelatihan ini memberikan pemahaman terkait pentingnya teknologi digital, solusi yang dihadapi pelaku UMKM di era digital, urgensi literasi digital, ragam platform digital yang dapat dimanfaatkan, serta cara memulai bisnis dan go digital. Metode pelatihan mencakup pemaparan materi, diskusi interaktif, dan simulasi. Hasil yang dihasilkan dari program ini yaitu peserta memperoleh pengetahuan tentang masalah dan solusi yang dihadapi pelaku UMKM di era digital, pemahaman tentang urgensi literasi digital bagi UMKM untuk terus tumbuh dan berkembang, pemahaman akan ragam platform digital yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk kepentingan bisnis, serta membimbing calon entrepreneur UMKM tentang cara memulai bisnis dan go digital. Dengan demikian, program ini membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan calon pelaku UMKM di pasar e-commerce

References

Ahmad, N., Noor, A., & Ishak, R. (2017). The effect of digital platform on the growth of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia. Advanced Science Letters, 23(9).

Aini, N. (2023). Pengembangan Kewirausahaan Digital di Indonesia. Coopetition Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(2), 243–252. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i2.3264

Amine, A., Mejri, R., & Zekri, N. (2017). The impact of digital platform on SMEs growth: Case of Tunisia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 7(1).

Chae, B., & Goh, G. (2020). Digital Entrepreneurs in Artificial Intelligence and Data Analytics: Who Are They? Journal of Open Innovation Technology Market and Complexity, 6(3), 56. https://doi.org/10.3390/joitmc6030056

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi, 49(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Hidayanto, A. N., & Wahyudi, A. (2017). E-commerce adoption by small and medium enterprises: an exploratory study of factors influencing adoption. Journal of Entrepreneurship Education, 20(2).

Jiang, J. (2024). A Study on the Digital Transformation Trends in Financial Management for Small and Micro Enterprises. Ijgem, 3(1), 355–363. https://doi.org/10.62051/ijgem.v3n1.42

Putra, Y. M., & Ghani, A. (2020). Pendampingan Penerapan Tata Kelola Usaha dan Pembukuan Berbasis Sak-Emkm Pada Sektor Usaha Kecil di Kelurahan Meruya Selatan. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 01(01).

Santoso, D., & Wardoyo, R. A. (2020). The Role of E-commerce on Small Medium Enterprises (SMEs) Business Performance in Indonesia. International Journal of Business and Management Invention, 9(2).

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal Aspikom, 3(6), 1200. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i6.333

Susano, A. (2024). Literasi Digital Pendampingan Digitalisasi Pada Pelaku Umkm Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. EduJPM, 1(1). https://doi.org/10.69726/edujpm.v1i1.2

Susanty, A., & Ariyanti, T. (2020). Impact of Digital Technology Adoption on Business Performance of SMEs in Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(1).

Syahputri, N. (2024). E-Commerce Application Development for HNI Products Sales Using the Agile Method. Sistemasi, 13(2), 643. https://doi.org/10.32520/stmsi.v13i2.4009

Wang, Y. (2024). Digitization Transformation Empowers High-Quality Development of Small and Medium-Sized Enterprises in Jilin Province. Tebmr, 4, 8–15. https://doi.org/10.62051/4g35as91

Wibowo, Y. G. (2021). Analisa Literasi Digital Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Makanan Islami Dalam Kemasan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), 127–134. https://doi.org/10.32528/jmbi.v7i1.5072

Downloads

Published

2024-08-14

How to Cite

Enjang Pera Irawan, & Yuliawati. (2024). Pelatihan Literasi Media Digital Bagi Siswa Calon Pelaku UMKM di SMKN 49 Jakarta Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(3), 201–209. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i3.1452

Issue

Section

Articles