Pelatihan AI-Project bagi Siswa Sekolah Menengah di Wilayah Banyumas Menggunakan Google Teachable Machine
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v3i3.1599Keywords:
pelatihan project AI, Sekolah menengah, Banyumas, Google Teachable MachineAbstract
Pengenalan kecerdasan buatan (AI) di kalangan siswa sekolah menengah di wilayah Banyumas masih terbatas, meskipun AI semakin penting dalam berbagai bidang. Untuk meningkatkan literasi AI, dilakukan pelatihan AI-Project menggunakan Google Teachable Machine, yang dirancang untuk memudahkan siswa memahami dan menerapkan konsep dasar AI. Metode Participatory Action Research (PAR) diterapkan dalam kegiatan ini, meliputi tahapan observasi, refleksi, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelatihan dibagi menjadi beberapa sesi, termasuk pengenalan AI, demonstrasi penggunaan Google Teachable Machine, dan praktek pembuatan proyek AI oleh siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merasa puas dengan pelatihan, dan 87% menunjukkan minat untuk mempelajari AI lebih lanjut. Proyek yang dihasilkan siswa berhasil mengenali objek dan suara dengan akurasi yang baik, menunjukkan peningkatan pemahaman mereka tentang AI. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan interaktif dan praktis dapat secara efektif meningkatkan literasi teknologi di kalangan siswa. Disarankan agar pelatihan serupa diperluas ke lebih banyak sekolah dan melibatkan guru sebagai pendamping siswa, serta menambahkan sesi pelatihan lanjutan untuk memperdalam pemahaman siswa tentang AI. Dengan demikian, literasi AI di kalangan siswa dapat terus ditingkatkan, mendorong inovasi dan kesiapan teknologi di masa depan.
References
Aprilio Ananda Pamungkas, Imelda Desiana Suryaningrum, Bagus Arifin, Hana Marvela Daryanto, Ngurah Arta Nadi Putra, Selin Ivana Christin, & Pritalia, G. L. (2023). Pelatihan Digitalisasi untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM. GIAT : Teknologi Untuk Masyarakat, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.24002/giat.v2i2.7222
Cornish, F., Breton, N., Moreno-Tabarez, U., Delgado, J., Rua, M., de-Graft Aikins, A., & Hodgetts, D. (2023). Participatory action research. Nature Reviews Methods Primers, 3(1), 34. https://doi.org/10.1038/s43586-023-00214-1
Dwivedi, U., Elsayed-Ali, S., Bonsignore, E., & Kacorri, H. (2024). Exploring AI Problem Formulation with Children via Teachable Machines. Proceedings of the CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, 1–18. https://doi.org/10.1145/3613904.3642692
Google. (2024). Teachable Machine. https://teachablemachine.withgoogle.com/
Kurz, T. L., Jayasuriya, S., Swisher, K., Mativo, J., Pidaparti, R., & Robinson, D. T. (2024). The Impact of Teachable Machine on Middle School Teachers’ Perceptions of Science Lessons after Professional Development. Education Sciences, 14(4), 417. https://doi.org/10.3390/educsci14040417
Prasad, P. Y., Prasad, D., Shetty, M. N., Gupta, N., & Malleswari, N. (2022). Implementation of Machine Learning Based Google Teachable Machine in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood Special Education, 14(13). https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V14I3.527
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). PENINGKATAN KUALITAS UMKM BERBASIS DIGITAL DENGAN METODE PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Retno Agus Setiawan, Deny Nugroho Triwibowo, & R Bagus Bambang Sumantri. (2024). Peran Pengguna dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(1), 68–75. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1355
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Retno Agus Setiawan, Riska Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.