Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) pada Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Hima Barima Universitas Perwira Purbalingga
  • Candra Jodi Rafika Universitas Perwira Purbalingga

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1641

Keywords:

pelatihan, membaca, menulis, berhitung, madrasah ibtidaiyah

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU merupakan salah satu Sekolah Dasar yang terletak pada Desa Majatengah, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, masih banyaknya siswa yang belum lancar dalam membaca, menulis, dan berhitung membuat kami ingin mencoba memberikan pelatihan tersebut supaya siswa lebih lancar dalam membaca, menulis dan berhitung. Metode yang kami gunakan adalah metode pembelajaran secara langsung, metode pendekatan individual, dan metode permainan edukatif. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan mengikuti arahan dari tenaga pendidik dan kepala sekolah MI Ma’arif Majatengah. Pelatihan dilakukan secara berkelanjutan dengan beberapa pertemuan oleh pemateri agar kegiatan ini mempunyai progres yang baik terhadap kemajuan proses belajar siswa-siswi MI Ma’arif Majatengah. Program pelatihan yang digagas oleh tim dari Universitas Perwira Purbalingga telah berjalan dengan sukses dan sesuai harapan. Selama program ini, peningkatan yang signifikan terlihat pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa MI Ma’arif Majatengah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

References

Defira, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio Video dengan Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Siswa Kelas XII TAV1 SMK N 1 Bangkinang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3322-3334.

Gunawan, I. G. D., Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020, December). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 15-30).

Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Limbong, T., & Simarmata, J. (2022). PKM: pelatihan pembuatan buku digital dan media pembelajaran berbasis multimedia pada smk negeri 1 pergetteng-getteng sengkut kabupaten pakpak bharat. ULEAD: Jurnal E-Pengabdian, 88-93.

Mulyati, S., Nur, S., & Syahid, A. (2021). Pendekatan Individual Dalam Perkembangan Anak Didik. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 159-169.

Nataliya, P. (2015). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358.

Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Mathematic Paedagogic, 1(1), 83-90.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31-43.

YULYANTI, E. R. Model Kurikulum PAI di Kuttab (Studi Komparatif di Kuttab Ibnu Abbas Serpong, Tangerang Selatan dan Kuttab Al Fatih Ciputat, Tangerang Selatan) (Master's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Yuniati, I., Suyuthi, H., & Gunawan, H. (2024). PEMBELAJARAN ‘CALISTUNG’(MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 2 PENDAKIAN KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 130-140.

Downloads

Published

2025-04-20

How to Cite

Hima Barima, & Candra Jodi Rafika. (2025). Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 4(1), 46–51. https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1641

Issue

Section

Articles