Sosialisasi Literasi Keuangan Melalui Teknik Bercerita Di PAUD Ceria Palembang
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1724Keywords:
literasi keuangan, bercerita, usia diniAbstract
Pelaksanaan program pengabdian masyarakat di PAUD CERIA Palembang berfokus pada literasi keuangan melalui metode bercerita yang interaktif. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya menabung, merawat uang, dan mengelola keuangan secara sederhana kepada anak-anak usia dini. Kegiatan dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa yang memanfaatkan cerita imajinatif dan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman peserta. Observasi menunjukkan antusiasme tinggi dari anak-anak yang terlibat aktif dalam simulasi dan diskusi. Proses bercerita yang menarik berhasil meningkatkan pemahaman peserta, yang ditandai dengan kemampuan mereka menjelaskan konsep menabung dan membedakan kebutuhan dari keinginan. Kesimpulannya, metode bercerita efektif dalam menyampaikan materi literasi keuangan secara menyenangkan, sekaligus mendorong anak-anak untuk membangun kebiasaan keuangan yang positif.
References
Berti, A. E., & Bombi, A. S. (1988). The child's construction of economics. Cambridge University Press.
Fataksya, N., & Rafa, S. (2024). Mengapa Media Sosial Mendorong Perilaku Konsumtif di Kalangan Anak Muda? Literarasa Institute. Diakses dari https://www.literarasainstitute.org
Furnham, A. (1999). The saving and spending habits of young people. Journal of Economic Psychology, 20(6), 677–697. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(99)00030-6
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3
Jorgensen, B. L., & Savla, J. (2010). Financial literacy of young adults: The importance of parental socialization. Family Relations, 59(4), 465–478. https://doi.org/10.1111/j.1741-3729.2010.00616.x
Lusardi, A. (2019). Financial Literacy and the Need for Financial Education: Evidence and Implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1-8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5
Suyadi, & Ulfah, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Karakter dan Literasi Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ilham Prawidi Sakti, Dika Setiagraha, Yoga Aji Nugraha, Imas Permatasari, Nur Hasanah, Muhammad Galang Hidayatullah H, Intan Nurul’atha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.