Sosialisasi Literasi Keuangan Melalui Teknik Bercerita Di PAUD Ceria Palembang

Authors

  • Ilham Prawidi Sakti Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Dika Setiagraha Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yoga Aji Nugraha Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Imas Permatasari Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Nur Hasanah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Muhammad Galang Hidayatullah H Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Intan Nurul’atha Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1724

Keywords:

literasi keuangan, bercerita, usia dini

Abstract

Pelaksanaan program pengabdian masyarakat di PAUD CERIA Palembang berfokus pada literasi keuangan melalui metode bercerita yang interaktif. Program ini bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya menabung, merawat uang, dan mengelola keuangan secara sederhana kepada anak-anak usia dini. Kegiatan dilaksanakan oleh kelompok mahasiswa yang memanfaatkan cerita imajinatif dan alat peraga untuk meningkatkan pemahaman peserta. Observasi menunjukkan antusiasme tinggi dari anak-anak yang terlibat aktif dalam simulasi dan diskusi. Proses bercerita yang menarik berhasil meningkatkan pemahaman peserta, yang ditandai dengan kemampuan mereka menjelaskan konsep menabung dan membedakan kebutuhan dari keinginan. Kesimpulannya, metode bercerita efektif dalam menyampaikan materi literasi keuangan secara menyenangkan, sekaligus mendorong anak-anak untuk membangun kebiasaan keuangan yang positif.

References

Berti, A. E., & Bombi, A. S. (1988). The child's construction of economics. Cambridge University Press.

Fataksya, N., & Rafa, S. (2024). Mengapa Media Sosial Mendorong Perilaku Konsumtif di Kalangan Anak Muda? Literarasa Institute. Diakses dari https://www.literarasainstitute.org

Furnham, A. (1999). The saving and spending habits of young people. Journal of Economic Psychology, 20(6), 677–697. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(99)00030-6

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The effects of storytelling and story reading on the oral language complexity and story comprehension of young children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3

Jorgensen, B. L., & Savla, J. (2010). Financial literacy of young adults: The importance of parental socialization. Family Relations, 59(4), 465–478. https://doi.org/10.1111/j.1741-3729.2010.00616.x

Lusardi, A. (2019). Financial Literacy and the Need for Financial Education: Evidence and Implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(1), 1-8. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Suyadi, & Ulfah, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Pendidikan Karakter dan Literasi Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-02-18

How to Cite

Prawidi Sakti, I., Dika Setiagraha, Yoga Aji Nugraha, Imas Permatasari, Nur Hasanah, Muhammad Galang Hidayatullah H, & Intan Nurul’atha. (2025). Sosialisasi Literasi Keuangan Melalui Teknik Bercerita Di PAUD Ceria Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 4(1), 31–37. https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1724

Issue

Section

Articles