Peningkatan kualitas pengajaran siswa SMKN 4 Bandung pada bidang elektromagnetika melalui Electromagnetic Fun Hours
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v4i1.1763Keywords:
elektromagnetika, pengajaran, interaktif, kolaboratifAbstract
Proyek pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aplikasi elektromagnetika bagi siswa SMKN 4 Bandung melalui program inovatif Electromagnetic Fun Hours. Elektromagnetika, sebagai bidang dasar dalam fisika dan teknik, diajarkan dengan metode yang menarik dan interaktif untuk memastikan pemahaman yang komprehensif. Program ini berfokus pada konsep dasar seperti medan elektromagnetik dan aplikasinya dalam teknologi sehari-hari. Dengan menggabungkan eksperimen langsung dan aktivitas kolaboratif, siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dan mengembangkan minat yang lebih dalam terhadap mata pelajaran ini. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan pemahaman teoritis siswa tetapi juga keterampilan praktis mereka, mempersiapkan mereka untuk tantangan teknis di masa depan. Umpan balik dari siswa diharapkan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan dan pemahaman tentang elektromagnetika. Proyek ini menunjukkan efektivitas pendekatan interaktif dalam mengajarkan konsep ilmiah dan menekankan pentingnya metode pendidikan inovatif dalam pelatihan kejuruan.
References
Bromage, A., Pierce, S., Reader, T., & Compton, L. J. (2021, February 25). Teaching statistics to non-specialists: challenges and strategies for success. Journal of Further and Higher Education, 1-16. 10.1080/0309877X.2021.1879744
Beziuk, G., Krajewski, A., Baum, T. C., Nicholson, K. J., & Ghorbani, K. (2023). Electromagnetic and Electronic Aerospace Conformal Load-Bearing Smart Skins: A Review. IEEE Journal of Microwaves.
Chiao, J. C., Li, C., Lin, J., Caverly, R. H., Hwang, J. C., Rosen, H., & Rosen, A. (2022). Applications of microwaves in medicine. IEEE Journal of Microwaves, 3(1), 134-169.
Hao, Y. (2022, June 28). Interactive Music Teaching Method Based on Big Data and Cloud Computing. Mobile Information Systems, 1-9. 10.1155/2022/1803497
Maghfiroh, E. N., & Sucahyo, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Hukum Lenz Pada Materi Induksi Elektromagnetik Di Mbi Amanatul Ummah. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Vol, 7(02), 143-148.
Massa, A., Benoni, A., Da Rù, P., Goudos, S. K., Li, B., Oliveri, G., ... & Salucci, M. (2021, May). Designing smart electromagnetic environments for next-generation wireless communications. In Telecom (Vol. 2, No. 2, pp. 213-221). MDPI.
Öğreten, B., & Sağir, Ş. U. (2013). The effect of interactive teaching on academic success and technology course for 4th grades. 2013(7).
Özdemir, A. Ş., & Küpcü, A. R. (2010). The Effect of Using Interactive Unit for Individualizing Mathematics Teaching on Mathematics Success and Attitude. 9(1).
Rothwell, E. J., & Cloud, M. J. (2018). Electromagnetics. CRC press.
Shabitna, F. S. (2023). Pemanfaatan Gelombang Elektromagnet Extremely Low Frequency (Elf) Dalam Ketahanan Pangan. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 1037-1040.
Weir, C., McMANUS, I. C., & Kiely, B. (1991, June 01). Evaluation of the teaching of statistical concepts by interactive experience with Monte Carlo simulations. British Journal of Educational Psychology, 61(2), 240-247. 10.1111/J.2044-8279. 1991.TB00981.X
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oon Erixno, Farah Ramadhani, Efri Suhartono, Ihsan Dwi Mustofa, Dega Pradipta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.