Pemberdayaan Peserta Didik Kelas XII Melalui Seminar Motivasi Studi Lanjut di SMAN 1 Sumber

Authors

  • Qotru Sa'adah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Sindy Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Siti Hindun Suciawaty Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Zagita Aqmal Syarifah Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Putik Rustika Universitas Muhammadiyah Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v4i2.1850

Keywords:

Motivasi, Studi Lanjut, Pendidikan Tinggi, Siswa Kelas XII, Seminar

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumber dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa kelas XII dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan informasi dan motivasi di kalangan siswa SMA mengenai pentingnya pendidikan tinggi, pilihan studi, persyaratan masuk, biaya pendidikan, dan potensi karir. Metode yang digunakan adalah seminar yang mencakup materi tentang pentingnya studi lanjut, jenis pendidikan pasca SMA, jalur masuk perguruan tinggi, informasi universitas, sekolah ikatan dinas, beasiswa, dan program studi yang dibutuhkan. Kegiatan ini melibatkan 36 siswa kelas XII IPS 2. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan, dimana persentase siswa yang memilih untuk studi lanjut meningkat dari 52% menjadi 72% setelah kegiatan pengabdian. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini efektif dalam meningkatkan motivasi siswa kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

References

Abdullah, I., & Gani, M. I. A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kurangnya Minat Remaja Terhadap Pendidikan Perguruan Tinggi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i2.1486

Ellis, R., & Sampe, P. D. (2022). Faktor-faktor pengambilan keputusan studi lanjut pada siswa sma. Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 10(1), 12–17.

Kuswandi, W. (2025). Peran sosialisasi sharing beasiswa dalam mendorong partisipasi pendidikan tinggi di kalangan siswa sma muhammadiyah pemijahan. April. https://doi.org/10.31604/jpm.v8i5.2052-5059

Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Peranan Kurikulum Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 34–40. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19208

Nurmalasari, N., Hidayat, T., Rosadi, I., Yunita, R., & Holisoh, E. (2023). Faktor - faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi di SMK Miftahul Ulum Cimerak. J-STAF : Siddiq, Tabligh, Amanah, Fathonah, 2(1), 120–130. https://doi.org/10.62515/staf.v2i1.178

Nyanyu, Friska , Fitri, Henky, J. (2023). PENYULUHAN UPAYA MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN MELALUI MINAT KULIAH BAGI PEMUDA DESA TANTAN KECAMATAN SEKERNAN KABUPATEN MUARO JAMBI. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Rorlen, R., Tjokrosaputro, M., Henny, H., & Jonnardi, J. (2021). Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa Sma Binaan Asak Sathora Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 380–388. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.12518

Sari, M., & Khairuddin, K. (2024). Mekanisme perencanaan studi lanjut siswa madrasah aliyah swasta persiapan Medan. 10(2), 40–55.

Siagian, E. M., Sitompul, R. S., Damanik, J. B., Siregar, H., Yanto, D., Mahuale, D., Purba, H., Studi, P., & Fakultas, M. (2025). Peningkatan pengetahuan manajemen waktu dan perubahan melalui pengelolaan manajemen diri dalam meningkatkan prestasi siswa untuk persiapan masuk perguruan tinggi. 3(1), 7–13.

Simbolon, L. D., Toruan, K. L., Sitinjak, E. V., Silalahi, M. M., Hutagalung, A. K., & Sijabat, H. N. (2023). Ke Jenjang Perguruan Tinggi. Pelatihan Motivasi Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi, 4(2), 95–106.

Wijaya, A. A. Z., Yusuf, M., & Fitriani, A. (2022). Hubungan antara Grit dengan Regulasi Diri Dalam Belajar pada Siswa Kelas XII SMA Negeri. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 7(1), 47. https://doi.org/10.20961/jip.v7i1.59824

Yanti Parinduri, R., Situmeang, M., & Hariati, P. (2024). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Tinggi Guna Meningkatkan Pola Pikir Bagi Siswa Sma. Communnity Development Journal, 5(3), 4587–4592.

Yumriani, M. S. A. ; B. R. A. ; K. Y. ; (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Sa’adah, Q., Sindy, Suciawaty, S. H., Syarifah, Z. A., & Rustika, P. (2025). Pemberdayaan Peserta Didik Kelas XII Melalui Seminar Motivasi Studi Lanjut di SMAN 1 Sumber. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.35960/pimas.v4i2.1850

Issue

Section

Articles