Penyuluhan dan Sosialisasi Peran Pemuda dalam Membangun Desa di Desa Bakalerek
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v4i2.1888Keywords:
Sosialisasi, Peran Pemuda, Membangun DesaAbstract
Pengabdian ini bertujuan agar pemuda lebih produktif dan proaktif dalam keterlibatannya di organisasi dan masyarakat. Hasil dari pengabdian bagi karang taruna menuai hasil yang positif dengan semakin menyadari bahwa keberadaan mereka sangat mempengaruhi tingkat kemajuan desa dan adanya langkah untuk berani berbaur dan terlibat proaktif dalam kegiatan desa, baik itu forum-forum resmi maupun non resmi. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan keterlibatan pemuda Desa Bakalerek dalam membangun desa. Dalam sosialisasi ini juga diberikan pelatihan kepemimpinan praktis dengan meminta pemuda untuk berbicara di depan umum untuk melatih mental dan kepercayaan diri. Pemuda memiliki potensi besar sebagai tonggak perubahan di masa depan dan inovator sebagai penggerak harus memiliki kemampuan dan kreatifitas, aspek-aspek seperti pengembangan potensi lokal, pelatihan keterampilan, peningkatan kualitas pendidikan, dan penguatan jaringan atau relasi dengan masyarakat, pemerintah dan organisasi luar, serta memanfaatkan teknologi dengan baik dan mampu meningkatkan kreatifitas pemuda.
References
Antonius Bulu, F. (2025). Peran Organisasi Kepemudaan Palla Batu Api Dalam Membangun Karakter PemudaSumba Barat Dayadan Implikasinya Terhadap Pemuda-Pemudi(Studi Pada Organisasi Palla Batu Api di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(3), 110–123. https://doi.org/https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/9990
Danil, A., Lawalu, S. P. A., Ebang, A. P. . M., Kaha, H. L., & Wali, Y. C. A. (2025). Sosialisasi peran Kaum Muda (Karang Taruna) Dalam Pembangunan Desa Pledo. Wahana Pendidikan, 11, 11–20.
Dedy, M. (2011). Komunikasi Lintas Budaya. Pyt Remaja Rosdakarya.
Donny. (2019). Kerangka literasi digital Indonesia. In Donny BU (Ed.) (Edisi 1, Vol. 11, p. 44). Jakarta.
F. Maulana, M. S. (2020). Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Panduan Pembangunan Desa Berbasis Partisipasi Pemuda, 6(4), 1393–1410.
Fadjar Trisakti, Adnin Dikeu Dewi Berliana, Al Bukhori, & Alya Fitr. (2022). Transparansi Dan Kepentingan Umum. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 29–38. https://doi.org/10.54783/dialektika.v19i1.61
Fanaqi, C., Mujianto, H., Srimulyani, Y., & Fitriani, D. N. (2023). Efektivitas Peran Pemuda Membangun Desa Melalui Karang Taruna Di Desa Cijolang. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v2i01.138
Fitri Kartika Sari, Bunga Meist, S. A. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia. Tentang Kepemudaan, 2(2), 121–131.
Gunawan. (2021). Ekonomi Kreatif Desa Berbasis Pemuda.
Nasution, M. (2019). Pemberdayan Pemuda dalam Pembangunan Masyarakat Desa. Pemberdayan Pemuda Dalam Pembangunan Masyarakat Desa.
Ningsih, W. (2023). Keterlibatan Pemuda Dalam Pembangunan Berkelanjutan : Tantangan dan Peluang. Literacy Notes, 1(2), 1–12.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D., 3(3), 142–148.
Susanto, F., & Novitasari, T. (2019). BENTUK KREATIVITAS PEMUDA KARANG TARUNA DALAM PEMBANGUNAN DESA BENING. Jurnal Penamas Adi Buana; Vol. 2 No. 2 (2019): Jurnal Penamas Adi Buana; 25 - 28 ; Jurnal Penamas Adi Buana; Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Penamas Adi Buana; 25 - 28 ; 2622-5395 ; 2622-5727. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/penamas/article/view/1835
Sutaryo, & Pujianto, B. (2021). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Peran Strategis Pemuda Dalam Pengembangan Potensi Lokal Desa., 5(2), 123–134.
Widiastuti, R. (2020). Jurnal Sosioteknologi. Strategi Pemberdayaan Pemuda Dalam Rangka Pembangunan Desa Berkelanjutan., 19(1), 45–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agustino Demelo Julians Fahik, Ronaldo Valentino Mbawo, Elisabeth Date Masan Welin, Yasinta Yunrianto Palan Peten, Kristianus Simon H. Molan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.