Pelatihan Jiwa Wirausaha Bagi Anak Usia Dini dan Pembelajaran Pembiasaan Hidup Sehat Era Pandemi Covid-19 di TK-IT dan SD-IT Al -Hasna Klaten
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v1i2.769Keywords:
pembelajaran, hari pasar, covid 19, pengabdian masyarakatAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi guru guru dan siswaTKI-IT dan SD-IT Al- Hasna terkait konsep jiwa wirausaha, praktek pembelajaran wirausaha model baru anak usia dini dan laku pembelajaran di era pandemi Covid-19. Kegiatan yang dilakukan meliputi: 1 ) Entrepreneurship Capacity Building dan 2) Program peningkatan kemampuan pembelajaran dalam literasi dan numerasi,3) Program pendampingan pembiasaan hidup sehat melalui adaptasi baru di era pandemi Covid-19. Untuk dapat mencapai tujuan, kegiatan dilakukan dalam Program Pengabdian Masyarakat melalui: a) Pelatihan bagi guru- guru TKIT dan SDIT Al Hasna semangat wirausaha dan praktik market day b) Praktek pembelajaran literasi dan numerasi, dan c) Praktek pembiasaan hidup sehat dalam era adaptasi baru. Dari kegiatan diperoleh hasil positif dimana pendidik, siswa pembelajar anak usia dini antusias untuk mengikuti program dan bermuara pada terbentuknya pondasi jiwa wirausaha dan pembelajaran hidup sehat dalam masa adaptasi baru bagi guru guru dan siswa usia dini TKIT dan SDIT Al Hasna Klaten
References
Christianti, M., Cholimah, N dan Suprayitno, B. (2015) Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood, 3 (3)
Hardjito, D.A., Golda, N. (2018). KKN-PM Pengembangan Desa Wisata Somongari di Kabupaten Purworejo. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol 03 No 03 hal 238-245
Herliandry et al. (2020) Pandemic Learning during the Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan , 22(1), 65-70
Khasanah, D.R.A, Pramudibyanto, H. dan Widoroyekti, B (2020) Pendidikan dalam Masa pandemi Covid 19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-48
Kemendikbud RI. (2020). Panduan Penyelengaraan Pembelajaran pada tahun Akademik 2020/ 2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease-2019. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kompas (2021) Pendidikan: Sekolah Tatap Muka Ikuti PPKM Darurat, Harian Kompas, 3 Juli 2021
Nugroho, A.J.S. (2012). Pembelajaran Guru Inovatif. Laporan PPM. Klaten: Perpustakan Universitas Widya Dharma
Nugroho, A.J.S. (2014). Pemberantasan Buta Huruf. Laporan PPM. Klaten: Perpustakaan Universitas Widya Dharma
Pujilestari .(2020) Dampak Positif Pembelajaran on-line dalam Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19, Jurnal Adalah 4 (10), 49-56
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso,, P.B., Wijayanti, L.M (2020) Studi eksploratif Dampak pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran online di sekolah Dasar, EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1), 1-12
Syauqi, A. (2022) Sekolah Tutup Gegara Corona tambah menjadi 9, bagaimana nasib PTM di Klaten. Detikjateng. 14 Februari 2022
Widayanti,S.R (2020) Pembelajaran Bahasa Inggris Active Learning di SDIT Al- Hasna. Laporan PPM. Klaten: Perpustakaan Universitas Widya Dharma