Pelatihan Jiwa Wirausaha Bagi Anak Usia Dini dan Pembelajaran Pembiasaan Hidup Sehat Era Pandemi Covid-19 di TK-IT dan SD-IT Al -Hasna Klaten

  • Arif Julianto Sri Nugroho Departement of Management Univ Widya Dharma Klaten
Keywords: pembelajaran, hari pasar, covid 19, pengabdian masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk  memberikan pelatihan bagi guru guru dan siswaTKI-IT dan SD-IT Al- Hasna terkait konsep jiwa wirausaha, praktek pembelajaran wirausaha  model baru anak usia dini dan laku pembelajaran di era pandemi Covid-19. Kegiatan yang  dilakukan meliputi: 1 ) Entrepreneurship  Capacity Building dan 2) Program peningkatan kemampuan pembelajaran dalam literasi dan numerasi,3) Program pendampingan pembiasaan hidup sehat melalui adaptasi baru di era pandemi Covid-19. Untuk dapat mencapai  tujuan, kegiatan dilakukan  dalam Program Pengabdian Masyarakat  melalui: a) Pelatihan bagi guru- guru TKIT dan SDIT Al Hasna semangat wirausaha dan praktik market day  b) Praktek pembelajaran literasi dan numerasi, dan c) Praktek pembiasaan hidup sehat dalam era adaptasi baru. Dari kegiatan diperoleh hasil positif dimana pendidik, siswa pembelajar anak usia dini  antusias untuk mengikuti program dan bermuara pada terbentuknya pondasi jiwa wirausaha dan pembelajaran hidup sehat dalam masa  adaptasi baru  bagi guru guru dan siswa usia dini  TKIT dan SDIT Al Hasna Klaten

References

Bisnis Indonesia. (2021). Kasus Covid-19 di Klaten Mencetak Rekor Baru. Harian Bisnis.com 30 Juni 2021

Christianti, M., Cholimah, N dan Suprayitno, B. (2015) Development of Entrepreneurship Learning Model for Early Childhood, 3 (3)

Hardjito, D.A., Golda, N. (2018). KKN-PM Pengembangan Desa Wisata Somongari di Kabupaten Purworejo. AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, Vol 03 No 03 hal 238-245

Herliandry et al. (2020) Pandemic Learning during the Covid-19, Jurnal Teknologi Pendidikan , 22(1), 65-70
Khasanah, D.R.A, Pramudibyanto, H. dan Widoroyekti, B (2020) Pendidikan dalam Masa pandemi Covid 19. Jurnal Sinestesia, 10 (1), 41-48

Kemendikbud RI. (2020). Panduan Penyelengaraan Pembelajaran pada tahun Akademik 2020/ 2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disease-2019. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Kompas (2021) Pendidikan: Sekolah Tatap Muka Ikuti PPKM Darurat, Harian Kompas, 3 Juli 2021

Nugroho, A.J.S. (2012). Pembelajaran Guru Inovatif. Laporan PPM. Klaten: Perpustakan Universitas Widya Dharma

Nugroho, A.J.S. (2014). Pemberantasan Buta Huruf. Laporan PPM. Klaten: Perpustakaan Universitas Widya Dharma

Pujilestari .(2020) Dampak Positif Pembelajaran on-line dalam Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19, Jurnal Adalah 4 (10), 49-56

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso,, P.B., Wijayanti, L.M (2020) Studi eksploratif Dampak pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran online di sekolah Dasar, EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1), 1-12

Syauqi, A. (2022) Sekolah Tutup Gegara Corona tambah menjadi 9, bagaimana nasib PTM di Klaten. Detikjateng. 14 Februari 2022

Widayanti,S.R (2020) Pembelajaran Bahasa Inggris Active Learning di SDIT Al- Hasna. Laporan PPM. Klaten: Perpustakaan Universitas Widya Dharma
Published
2022-05-11
How to Cite
Nugroho, A. J. (2022). Pelatihan Jiwa Wirausaha Bagi Anak Usia Dini dan Pembelajaran Pembiasaan Hidup Sehat Era Pandemi Covid-19 di TK-IT dan SD-IT Al -Hasna Klaten. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(2), 89-95. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/pimas.v1i2.769
Section
Articles