Pelatihan Digital Marketing Penjualan Sarung Goyor untuk Ibu-Ibu Warga Desa Wanarejan Utara Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v2i1.963Keywords:
sarung goyor, potensi desa, digital marketingAbstract
Sarung goyor merupakan potensi home industry yang ada di desa wanarejan utara (wan-ut) pemalang. Mayoritas mata pencaharian warga desa adalah bekerja di industri ini. Salah satu cara untuk meningkatkan potensi desa ini adalah dengan memasarkan produk ini seluas luasnya. Digital marketing adalah teknik pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan jangkauan yang luas. Dengan berjualan lewat internet maka semakin banyak konsumen yang dapat dijangkau. Ibu-ibu desa wan-ut mayoritas adalah ibu rumah tangga dan buruh lepas di industri ini. Oleh karena itu cocok diberikan pelatihan agar ibu-ibu warga desa menjadi kreatif dan dapat menghasilkan penghasilan lebih. Pelatihan yang dapat diberikan adalah pelatihan digital marketing. Dengan diberikan pengetahuan digital marketing diharapkan ibu-ibu dapat berkreatifitas untuk membantu mempromosikan produk potensi desa ini. Kegiatan pengabdian tentang digital marketing untuk penjualan sarung goyor dapat dilaksanakan dengan baik. Total 12 peserta yang hadir, dimana 4 diantaranya mempunyai pengetahuan yang baik tentang digital marketing, 7 cukup baik dan 1 masih dasar. Selain teori teknik pemasaran digital, praktik cara menjual sarung goyor lewat digital pun diberikan. Peserta mencoba menjual produk sarung goyor melalui marketplace facebook dan kemudian membuat konten penjualan lewat instagram. Pelatihan berhasil dilaksanakan dan diharapkan ilmu yang disampaikan akan berguna ke depannya.
Kata kunci : sarung goyor, potensi desa, digital marketing
References
Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085
Firmansyah, D., Suryana, A., Rifa’i, A. A., & Dr, D. (2022). Pmd (Pelatihan Media Digital) Sektor Usaha Mikro Dan Kecil Handycraft Bambu Di Kaa Sukabumi Guna Meningkatkan Pemasaran Online Berbasis Marketplace Di Era Ekonomi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(10), 2805–2816.
Fitrisari, M. F., & Suryadi, M. (2020). Proses Pembuatan Sarung Goyor di Kabupa. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 289–297.
Apriandi, N., Raharjanti, R., & Prasetyo, T. (2022). Pendampingan Branding dan Digital Marketing Pada Industri Rumah Tangga: Upaya Menjawab Tantangan di Era Disrupsi. Medani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 98-102..
Jayathi, I. D. A. A. A. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pengerajin Tanah Merah Desa Pejaten Menuju Desa Industri Yang Mandiri. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 101–105. https://doi.org/10.38043/parta.v2i2.3350
Kecil, M., Kelurahan, P., & Depok, M. (2022). Batasa: Bangun Cipta, Rasa, & Karsa. 1(20), 14–20.
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.46937/17201926586
Puspaningtyas, N. D., Maskar, S., Dewi, P. S., Asmara, P. M., & Mauliya, I. (2022). Peningkatan Digital Marketing Karang Taruna Desa Hanura Dalam Memasarkan Wisata Pasar Sabin. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 320–323. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.4017
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28–35. https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514
Utami, D. P. (2020). Pengenalan Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Pertanian Untuk Petani Milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Seminar Nasional Karya Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Mataram, 25–32.
Widiastuti, N. A., Zainudin, A., Dhabitha, ;, Filza, L., Ahmad, ;, Prayoga, P., & Muzakki, ; Ahmad. (2022). Pelatihan Digital Marketing Berbasis Instagram di CV. Karunia Barokah Jepara. Abdimas Universal, 4(1), 28–33. http://abdimasuniversal.uniba-bpn.ac.id/index.php/abdimasuniversalDOI:https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v4i1.155
Zulaikha, T. S. A., Fauzan, S., Khadijah, T. A. Z., & Fahmisyah, W. (2022). Pendampingan Pengembangan Digital
Marketing Desa Wisata Gubugklakah Kabupaten Malang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 168–174. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2158
