Pendampingan Penggunaan Aplikasi Quick Count Berbasis Website di Pemilihan Kepala Desa Ciberem

Authors

  • Dinar Mustofa Universitas Amikom Purwokerto
  • Anggit Wirasto Universitas Harapan Bangsa
  • Ananda Nur Syifa Universitas Amikom Purwokerto
  • Ridho Islami Achmadi Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v2i2.968

Keywords:

website, pilkades, quick count

Abstract

Quick Count atau perhitungan suara cepat, atau juga dikenal sebagai tabulasi suara paralel (Parallel Vote Tabulation) merupakan salah satu metode yang berguna untuk memantau pada hari pemungutan suara. Perhitungan suara cepat merupakan sebuah proses pengumpulan informasi oleh ratusan bahkan ribuan relawan melalui pemantauan langsung saat pemungutan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah di tentukan. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mendampingi panitia dalam penggunaan sistem quick count mulai dari persiapan sampai dengan pada saat kegiatan berlangsung. Harapannya pendampingan ini bisa membantu panitia dalam acara pemilihan kepala desa Ciberem sehingga acara tersebut dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan semua orang. Metode pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan metode observasi, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Harapan dari pengabdian ini adalah proses pemilihan kepala desa di desa ciberem dapat berjalan dengan lancar khususnya pada saat proses penghitungan suara tanpa harus banyak kerumunan untuk mencegan penularan wabah covid 19. Disisi itu dengan adanya pendampingan penggunaan sistem ini mudah mudahan dapat membantu panitia mengatasi kendala scara langsung dalam proses penghitungan kotak suara menggunakan sistem quick count sehingga proses penghitungan suara dapat lebih efektif dan efisian. Untuk warga masyarakat desa ciberem harapannya dapat memantau jalannya proses penghitungan suara secara virtual sehingga tidak harus datang kelokasi pemilihan suara.

 

References

Akhmad Dharma Kasman, M. 2014. "Membangun Aplikasi Sistem SMS Quick Count dengan PHP" Depok: KRESNAMEDIA.

Cahyani, Dwi & Igirisa.S.(2022) Pemanfaatan Quick Count pada Perhitungan Suara Pemilukada di Masa Pendemi Covid. Jurnal Pengabdian Ilmiah,5(2), 90-99.

Ciberem, Sumbang, Banyumas. (2020).

Juwariah, d.(2009). Aplikasi Quick Count Pemilihan Presiden RI Menggunakan Teknologi Mobile..ISSN:1979-2328.

Karami, R. A., & Pradani, W. (2017). Aplikasi SMS Gateway Quick Count Pemilu Berbasiskan PHP. Al Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi, 4(2), 70–73.

Nurdin, Hamdhana, D., & Iqbal, M. (2018). Aplikasi Quick Count Pilkada Dengan Menggunakan Metode Random Sampling Berbasis Android. E-Journal Techsi Teknik Informasi, 10(1), 141–154.
Quick Count Desa. (n.d.).

Rizani, M. R. (2017). Perancangan Aplikasi Quick Count Untuk Pemilihan Kepala Daerah Berbasis Web. Jurnal Sains Dan Informatika, 3(2), 89–93.

Statistik Covid 19 Jawa Tengah. (n.d.).

Suharnana, I. K., & Wedasari, N. L. N. M. (2014). Sistem Quick Count Pemilihan Kepala Desa Berbasis SMS. JSI 2, 8, 1–9.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Mustofa, D., Wirasto, A., Syifa, A. N., & Achmadi, R. I. (2023). Pendampingan Penggunaan Aplikasi Quick Count Berbasis Website di Pemilihan Kepala Desa Ciberem. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 2(2), 82–90. https://doi.org/10.35960/pimas.v2i2.968

Issue

Section

Articles