Abstract

Nextar merupakan perangkat lunak point-of-sale berbasis desktop yang berasal dari Brazil, selama 18 tahun Nextar telah memfasilitasi lebih dari 50.000 toko di 190 negara sejak 2001. Biaya berlangganan Nextar mulai dari $0 hingga $190 per-bulan. Nextar menawarkan berbagai layanan untuk membantu proses pengelolaan penjualan sehari-hari. Aplikasi Nextar dapat digunakan di desktop dengan operating system windows dan dapat pula digunakan di mobile. Fitur -fitur yang terdapat di Nextar antara lain manajemen pelangan, manajemen penyimpanan, multi-currency, pembayaran, manajemen stok, manajemen user, manajemen kas, return, refunds yang notabenenya banyak fungsi yang digunakan dalam sebuah perusahaan. Sebagai aplikasi, Nextar pasti memiliki sebuah kekurangan dalam memberikan pelayanan. Maka dari itu jurnal ini melakukan pengukuran kualitas dari Nextar menggunakan metode FPA (Functional Point Analysis). FPA adalah metode standar untuk mengukur pengembangan perangkat lunak dari sudut pandang pengguna. Nextar POS memiliki fitur-fitur cukup banyak yang dapat dijadikan objek pengukuran kualitas. Diharapkan dengan penelitian ini dapat membantu pertimbangan pengambilan keputusan penggunaan Nextar POS berdasarkan pengukuran menggunakan metode FPA.