Abstract

Penerapan teknologi informasi di bidang kesehatan ini diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi provider pelayanan kesehatan. Dengan dukungan teknologi tersebut, manfaat yang dapat diperoleh diantaranya adalah tersedianya informasi kesehatan pasien yang akurat dan komprehensif, sehingga provider dapat memberikan berbagai kemungkinan perawatan terbaik. Lebih lanjut dengan penerapan teknologi informasi yang lengkap dan akurat dapat membantu dalam proses diagnosa, meminimalkan medical error serta dapat menawarkan pelayanan kesehatan yang aman dengan biaya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah Menghasilkan sistem informasi pelayanan pendaftaran pasien, dapat menghubungi kontak pada penjadwalan piket. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data dan metode wawancara. Sedangkan metode perancangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) yaitu metode waterfall. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Puskesmas Wates. Aplikasi ini dapat mempermudah dalam pendaftaran pasien secara online dan menghubungi kontak pada penjadwalan piket puskesmas.