Penerapan Metode Weighted Moving Average (WMA) Untuk Memprediksi Penjualan Sparepart Motor (Studi Kasus: Bengkel Putra Jaya Motor)

Authors

  • Ma’rufatul Amelianti Teknik Informatika, Universitas Islam Lamongan
  • Kemal Farouq Mauladi Teknik Informatika, Universitas Islam Lamongan
  • Affan Bachri Teknik Elektro, Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.35960/ikomti.v5i2.1395

Keywords:

Weighted Moving Average, Prediksi, Bengkel Putra Jaya Motor

Abstract

Bengkel Putra Jaya Motor merupakan sebuah unit dagang yang bergerak di bidang penjualan sparepart motor. Dimana unit dagang ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen, penjualan dan pembelian merupakan hal yang utama dalam perusahaan tersebut. Bengkel Putra Jaya Motor sering mengalami kesulitan dalam meramalkan persediaan produk dimasa mendatang berdasarkan data yang telah direkam sebelumnya. Peramalan tersebut sangat berpengaruh pada keputusan pemilik bengkel untuk menentukan jumlah sparepart motor yang harus disediakan oleh bengkel. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan teknik Forecasting menggunakan metode weighted moving average untuk memprediksi berapa jumlah stok barang yang harus dibeli pada periode selanjutnya. Tujuan aplikasi prediksi penjualan sparepart motor di Bengkel Putra Jaya Motor agar dapat membantu pemilik bengkel dalam meramalkan penjualan sparepart motor pada bulan berikutnya. Hasil pada penelitian ini dengan MAPE, MAD dan MSE. Nilai rata – rata hasil uji akurasi prediksi dengan menggunakan MAD, MSE dan MAPE untuk 4 data prediksi penjualan barang 3,18; 43,04 dan 15,66%. Semakin kecil nilai MAD, MSE dan MAPE, maka akurasi prediksi semakin tinggi.

Downloads

Published

28-06-2024

How to Cite

[1]
Ma’rufatul Amelianti, K. F. Mauladi, and Affan Bachri, “Penerapan Metode Weighted Moving Average (WMA) Untuk Memprediksi Penjualan Sparepart Motor (Studi Kasus: Bengkel Putra Jaya Motor)”, IKOMTI, vol. 5, no. 2, pp. 7–12, Jun. 2024.