Pemberdayaan Ekonomi Produktif Terhadap Produk Lokal Tanggap Covid-19 Kelompok Usaha Bersama Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.722Keywords:
pemberdayaan, UMKM, kewirausahaan, covid-19Abstract
Pemberlakuan pembatasan selama pandemi Covid-19 berimbas pada beberapa UMKM lokal di Banyumas. Sekitar 40 pedagang dan pelaku usaha lokal (dimana beberapa juga memiliki tim atau karyawan) bersepakat membuat Kelompok Usaha Bersama Soka Kembar Purwokerto. Tingginya permintaan terhadap produk kesehatan memunculkan peluang usaha untuk memproduksi produk tanggap Covid-19 seperti masker, hand sanitizer, face shield, sabun cair dan herbal. Terdapat kendala yang dihadapi yaitu dari segi tampilan produk, kemasan, pemasaran dan promosi. Tujuan kegiatan ini adalah pemberdayaan ekonomi produktif produk tanggap Covid-19 lokal. Metode yang digunakan adalah community development dan prototype. Langkah yang dilakukan yaitu kegiatan pendampingan, perancangan re-branding label dan prototype kemasan, digital marketing dan konten media promosi digital. Hasilnya adalah pencapaian luaran berupa peningkatan motivasi, pengetahuan dan keterampilan, penerapan re-branding label dan prototype kemasan baru, digital marketing melalui weblog dan media sosial, serta konten media promosi flyer digital dan video. Kesimpulan program ini berhasil dilaksanakan dengan respon positif dan penerapannya dapat bermanfaat untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi produktif terhadap produk lokal tanggap Covid-19 KUB Soka Kembar.
References
2. Badan Pusat Statistik. (2020). Pengertian Pendapatan Nasional. https://www.bps.go.id/subject/11/produk-domestik-bruto--lapangan-usaha-.html
3. Budimanta, Rudito, A Prasetijo, & K. (2003). Akses Peran Serta Masyarakat Lebih Jauh Memahami Community Development. Pustaka Sinar Harapan.
4. Diana Nor, L. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
5. Gregorius Rio Alfrian, D. (2020). Strategi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Bertahan Pada Kondisi Pandemik Covid 19 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) - ISAS Publishing Series: Social and Humanities, Vol. 6 No.(E-ISSN: 2621-9794, P-ISSN: 2477-2097).
6. Ismanto, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen. Jurnal DIMENSI, VOL. 9, NO(NOVEMBER 2020 ISSN: 2085-9996), 536–548.
7. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). FAQ. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/structure-faq.html
8. Keputusan Presiden RI No. 99 tahun 1998, (1998). http://perundangan.pertanian.go.id/admin/k_presiden/Keppres-99-98.pd
9. Maulana, I. (2020). Peran Pengetahuan Konsumen, Keterlibatan Konsumen dan Faktor Psikologis Konsumen pada Intensi Beralih Pelanggan Department Store Purwakarta Ke Belanja Daring. E-QIEN Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 7 No.(September 2020 P-ISSN: 2503-4413E-ISSN: 2654-5837), 49–51.
10. Novia Enka Purnamasari, dkk. (2020). Pendampingan dan Inovasi Produksi Minuman Herbal Penjaga Imunitas Khas Ngawi Jawa Timur. Jurnal Aptekmas Aplikasi Teknologi Untuk Masyarakat, Volume 3,(ISSN: 2622-5646 (Online) ISSN: 2721-0448 (Print)). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix
11. Puspitasari, A. D., Nawawi, C. H., Nurhadiatin, S., Hanif, A. V. (2020). Analisis Peningkatan Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah melalui Media Sosial Di Tengah Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas, 5(1), 42–48.
12. Saladin, D., Oesman, Y. M. (2002). Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. CV Linda Karya.
13. Santosa, A. (2020). Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 1257. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i11.1770
14. Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, Volume 4(Juni 2020 P-ISSN:2580-1120 E-ISSN: 2580-2178).
15. Sunardi, N., Lesmana, R., Rudi, Kartono, & Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi UMKM Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/7416/4901
16. Suyanto, M. (2005). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi.
17. WHO. (2020). Coronavirus. https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1
18. Yurindra. (2017). Software Engineering. Deeppublish.
