Pemanfaatan Teknologi Media Digital untuk Pengembangan Agrobisnis Pisang Cavendish BUMDES Maju Bersama
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v1i4.916Keywords:
media digital, promosi, pisang, Cavendish, BUMDESAbstract
Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dapat menjadi media penggerak perekonomian masyarakat di desa. BUMDES Maju Bersama Desa Kedondong memilih sektor agrobisnis sebagai peluang usaha berupa perkebunan pisang Cavendish. Cavendish adalah varian pisang yang menjadi primadona bahkan untuk pasaran ekspor. Usaha yang dijalankan BUMDES terbilang cukup progresif. Kendala yang dihadapi yaitu segi kapasitas produksi belum mampu memenuhi target permintaan pasar. Dari segi manajemen promosi, media promosi yang masih terbatas serta membutuhkan pembaruan-pembaruan konten promosi. Selain itu dari segi manajemen pemasaran cakupan wilayah pemasaran masih perlu diotpimalkan. Solusinya berupa pemanfaatan teknologi media digital untuk pembuatan media pendukung promosi terkait peluang usaha untuk meningkatkan kapasitas produksi; pembuatan konten media promosi sebagai bahan untuk promosi dan pengembangan usaha melalui pemasaran online. Metode yang digunakan adalah community development. Kegiatan yang dilakukan berupa persiapan kegiatan; pelaksanaan kegiatan dan pemberian solusi permasalahan; pencapaian target luaran serta penyelesaian akhir kegiatan. Hasil luaran kegiatan berupa pemanfaatan teknologi untuk pembuatan media digital pendukung berupa gambar dan video terkait peluang usaha; konten media digital berupa gambar dan video untuk promosi produk dan penerapan pemasaran online melalui internet seperti platform media sosial.
References
Antaranews.com. (2020). BUMDes di Rejang Lebong Kembangkan Perkebunan Pisang.
https://bengkulu.antaranews.com/berita/128729/bumdes-di-rejang-lebong-kembangkan-perkebunan-pisang
Bahagia Selalu Official. (2021). Seribu Pisang Cavendhis Bumdes Desa Kedondong Sokaraja. https://www.youtube.com/watch?v=zFd8pGgBUWc
Budimanta, Rudito, A Prasetijo, & K. (2003). Akses Peran Serta Masyarakat Lebih Jauh Memahami Community Development. Pustaka Sinar Harapan.
Dian Azmi Fadhilah, T. P. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1). https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279
Duniapisang.com. (2021). Asal-usul Pisang Cavendish. https://www.duniapisang.com/2021/06/asal-usul-pisang-cavendish.html
Finance.detik.com. (2021). Menengok Kebun Pisang Cavendish Garapan BUMDes di Boyolali. https://finance.detik.com/foto-bisnis/d-5482730/menengok-kebun-pisang-cavendish-garapan-bumdes-di-boyolali
Ifmalinda, R. W. W. (2018). Kajian Jenis Media Simpan Terhadap Mutu Pisang Cavendish (Musa parasidiaca ‘Cavendish’). Rona Teknik Petanian: Jurnal Ilmiah Dan Penerapan Keteknikan Pertanian, 11(2). http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/RTP/article/view/11273
Inti Mulyo Arti, M. E. E. M. (2020). Perubahan Mutu Fisik Pisang Cavendish Selama Penyimpanan Dingin pada Kemasan Plastik Perforasi dan Non-Forasi. UG JURNAL, 14(11). https://www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/viewFile/4944/2293
Katadesa.id. (2021). Cavendish, Produk Andalan BUMDES Pandanwangi. https://katadesa.id/index.php/daya-desa/potensi-desa/390-cavendish-produk-andalan-bumdes-pandanwangi
Kemdikbud.go.id. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. https://kbbi.kemdikbud.go.id
Kompas.com. (2021). Penjualan Makanan Sehat Meningkat 6 Kali Lipat pada 2021 di Tokopedia. https://www.kompas.com/food/read/2021/05/09/151100175/penjualan-makanan-sehat-meningkat-6-kali-lipat-pada-2021-di-tokopedia
Liputan6.com. (2021). Untung Segunung Budidaya Pisang Cavendish di Banyumas. https://www.liputan6.com/regional/read/4621190/untung-segunung-budidaya-pisang-cavendish-di-banyumas
Merdeka.com. (2020). 4 Fakta Pisang Cavendish, Buah Favorit Dunia yang Akan Dikembangkan di Banyuwangi. https://www.merdeka.com/jatim/4-fakta-pisang-cavendish-buah-favorit-dunia-yang-akan-dikembangkan-di-banyuwangi.html
Muhammad Arief Abdulloh, Jhon Wardie, B. A. P. (2019). Analisis Usahatani Pisang Kepok di Desa Bangun Harja Kecamatan Seruyan Hilir Timur Kabupaten Seruyan. J-SEA (Journal Socio Economics Agricultural), 14(2). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/j-sea/article/view/480
Mulyani, D. C., Pujiyanto, P., & Nurfitri, R. (2020). Perancangan Video Pariwisata Kawah Wurung Bondowoso Sebagai Media Promosi. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(01), 20–25. https://doi.org/10.32664/mavis.v2i01.479
Nofitri Dewi Rinojati, Riko Cahya Putra, Elya Afifah, I. M. (2016). Analisis Efisiensi Usahatani Pisang Di Antara Tanaman Karet: Studi Kasus di Kebun Cibungur, PTPN VIII Jawa Barat. Jurnal Warta Perkaretan, 35(1). https://ejournal.puslitkaret.co.id/index.php/wartaperkaretan/article/view/79
Saladin, D., Oesman, Y. M. (2002). Intisari Pemasaran & Unsur-unsur Pemasaran. CV Linda Karya.
Salman Alfarishy, Abdul Muis, S. B. (2019). Kontribusi Usahatani Pisang Terhadap Pendapatan Petani di Desa Sarude Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1).
https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JKS/index
Solopos.com. (2021). Pisang Cavendish Dikembangkan di Cibangkong Banyumas. https://www.solopos.com/pisang-cavendish-dikembangkan-di-cibangkong-banyumas-1142986
Sunardi, N., Lesmana, R., Rudi, Kartono, & Hasbiyah, W. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi UMKM Pasar Modern Intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19. Abdi Masyarakat, 2(1), 75–86.
http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH/article/view/7416/4901
Sunpride. (n.d.). Pisang Cavendish. https://www.sunpride.co.id/product/pisang-cavendish/
Tanihub.com. (2021). Mengulas Tentang Pisang Cavendish dan Manfaatnya untuk Tubuh Agar Lebih Sehat. https://tanihub.com/blog/mengulas-tentang-pisang-cavendish/
Timesindonesia.co.id. (2021). Tanam 3.080 Pisang Cavendish, Kades di Banyumas Ini Bersiap Hasilkan Ratusan Juta. https://www.timesindonesia.co.id/read/news/368546/tanam-3080-pisang-cavendish-kades-di-banyumas-ini-bersiap-hasilkan-ratusan-juta
Veza, O., Safira, E., Sina, U. I., Baja, L., Batam, K., Studi, P., Informatika, T., & Teknik, F. (2020). Perancangan Video Iklan Promosi Di Perusahaan Kaos Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. 2(3), 9–19.
Yani Ramdani, Eti Kurniati, Icih Sukarsih, G. G. (2017). Teknik Pemberdayaan Keluarga Prasejahtera Melalui Optimalisasi Lahan Pekarangan Dengan Penanaman Pisang Cavendish. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 1, 22–29.
http://103.78.195.33/bitstream/handle/123456789/11109/abstrak_ramdani_ethos_vol_5_no_1_januari_2017.PDF?sequence=1&isAllowed=y
Yusran Lasantu, Asda Rauf, A. H. (2019). Analisis Usahatani Pisang Ambon di Desa Tonala Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Agrinesia - Jurnal Ilmiah Agribisnis, 3(2). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/AGR/article/view/9714
