Penerapan Media Belajar Interaktif Berbasis Android Bagi Anak Desa Petuk Ketimpun Binaan Yayasan Ransel Buku

  • Bayu Pratama Nugroho Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Norhayati Norhayati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Rosmiati Rosmiati Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Susi Hendartie Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Ferdiyani Haris Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Sam'ani Sam'ani Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
  • Moch. Ichsan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya
Keywords: Learning apps, Kids, Android

Abstract

In order to improve the quality of learning, it is necessary to use information technology in learning media. The use of information technology and media in learning can form a learning atmosphere because students can actively participate. Nowadays, children are increasingly familiar and attached to smartphones or tablets. And when the world is entering the era of the industrial revolution 4.0. or the fourth world industrial revolution where technology has become the basis in human life, the use of information and communication technology for learning must start from the Early Childhood Education (PAUD) level so that it can be more interesting and interactive and increase children's interest and curiosity in what is taught. . The method of applying science and technology is using mobile technology which is very popular today, namely an Android-based children's learning application as an effort to increase knowledge and understanding as well as increase interest in learning for the children of the Petuk Ketimpun village which is under the guidance of the Palangkaraya Book Backpack Foundation. The purpose of implementing this program is to increase knowledge and understanding and increase children's interest in learning about various things including letters, numbers, colors, vegetables, animals, fruit, work and vehicles. Both in Indonesian and English pronunciation through the implementation of learning applications for Android-based children.

Author Biographies

Bayu Pratama Nugroho, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Sekolah Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Norhayati Norhayati, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Rosmiati Rosmiati, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Susi Hendartie, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Ferdiyani Haris, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Sistem Informasi

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Sam'ani Sam'ani, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Teknik Informatika

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Moch. Ichsan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

Program Studi Manajemen Informatika

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK) Palangkaraya

References

Carolina, R. (2016). Pembangunan Aplikasi Game Edukasi Bermain Dan Belajar Pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Inodonesia Kediri.

Norhayati, & Rosmiati. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Anak Di Desa Petuk Ketimpun Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(2), 20–26. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i2.872

Norhayati, Rosmiati, Sam’ani, Haris, F., Hendartie, S., & Nugroho, B. P. (2021). Penerapan Penggunaan Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Bagi Anak-Anak Desa Petuk Ketimpun Dibawah Binaan Yayasan Ransel Buku. JTCSA : Journal of Training and Community Service Adpertisi, 2(1), 11–14.
https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JTCSA/article/view/185

Nugroho, M. A., Fajar, M. A., Dewanti, P. W., Aghni, R. I., & Siregar, M. N. N. (2014). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Web Blog Dan Aplikasi Android Bagi Guru SMK. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sam’ani. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Komputer Laboratorium Multimedia STMIK Palangkaraya. Jurnal Sains Komputer Dan Teknologi Informasi, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.33084/jsakti.v1i1.548

Yuntoto, S. (2015). Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengoperasian Sistem Pengendali Elektronik Pada Siswa Kelas XI SMKN 2 Pengasih. Universitas Negeri Yogyakarta.
Published
2022-05-11
How to Cite
Nugroho, B., Norhayati, N., Rosmiati, R., Hendartie, S., Haris, F., Sam’ani, S., & Ichsan, M. (2022). Penerapan Media Belajar Interaktif Berbasis Android Bagi Anak Desa Petuk Ketimpun Binaan Yayasan Ransel Buku. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(2), 54-59. https://doi.org/https://doi.org/10.35960/pimas.v1i2.765
Section
Articles