Edukasi Pentingnya Kesehatan Mental dalam Era Teknologi pada Remaja Desa Tlaga Kecamatan Gumelar
DOI:
https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1305Keywords:
gadget, remaja, kesehatan mentalAbstract
Desa Tlaga merupakan salah satu wilayah di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas. Permasalahan kesehatan mental menjadi salah satu kondisi yang cukup memprihatinkan di wilayah ini. Kecanduan gadget yang dialami anak-anak akan berdampak pada perkembangan motorik kasar anak. Anak-anak yang kecanduan gadget akan cenderung melambat perkembangan motoriknya karena kurangnya pergerakan atau aktivitas fisik anak. Melihat fenomena masalah kesehatan mental yang banyak terjadi pada anak-anak dan remaja disebabkan karena kecanduan gadget menggerakkan kami untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga masyarakat Desa Tlaga, Kecamatan Gumelar dengan tema “Edukasi Pentingnya Kesehatan Mental Dalam Era Teknologi Pada Remaja Desa Tlaga Kecamatan Gumelar”. Pelaksanaan PKM ini bekerja sama dengan Karangtaruna Desa Tlaga, Gumelar. Karangtaruna merupakan sebuah kelompok organisasi yang beranggotakan pemuda-pemudi desa yang lebih memilih untuk fokus mengabdi di desanya sendiri dibanding merantau ke luar kota. Pengabdian ini dilakukan dalam waktu 5 bulan dengan menerapkan metode pelaksanaan dan prosedur kerja yang disepakati antara mitra dan tim pengabdi. Edukasi dan Sosialisasi yang hendak dilaksanakan ini diharapkan dapat menjadi upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mempergunakan teknologi khususnya gadget sesuai dengan tujuan yang benar
References
Aghnia, A. S. G. N., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9331–9335.
Anggraini, T., & Maulidya, E. N. (2020). Dampak Paparan Pornografi pada Anak Usia Dini. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–56. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal
Gloria. (2022). Hasil Survei INAMHS: satu dari tiga remaja Indonesia memiliki masalah kesehatan mental. https://www.ugm.ac.id/id/berita/23086-hasil-survei-i-namhs-satu-dari-tiga-remaja-indonesia-memiliki-masalah-kesehatan-mental
Imawati, D., & Sari, M. T. (2019). Studi kasus kecanduan pornografi pada remaja. Motiva: Jurnal Psikologi, 1(2), 56–62.
Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932–7940.
Layli Mumbaasithoh, Fiya Ma’arifa Ulya, & Kukuh Basuki Rahmat. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507
Mardiana, M. D., Mas’ud, A., Sibulo, M., Nofrianti, A. S. U., & Irawati, I. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Di Era Covid 19 Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 271–281. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.751
Mayeni, R., Syafti, O., & Sefrinal. (2019). Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai-Nilai Karakter. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(2), 239–246. https://doi.org/10.15548/turast.v7i2.1298
Pratiwi, R. G., & Malwa, R. U. (2021). Faktor yang mempengaruhi kecanduan gadget terhadap perilaku remaja. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 15(2), 105–112.
Purwono, P., Nisa, K., Dewa, B. P., & Wibisono, S. K. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Sensor Air Bersih pada Desa Tanggap Bencana Longsor. Jurnal Pengabdian Masyarakat-PIMAS, 1(4), 164–169.
Rini, M. K., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM
Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Mental Remaja. Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 4(1), 49–58. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic
Santi, R. J., Setiawa, D., & Pratiwi, I. A. (2021). Perubahan Tingkah Laku Anak Sekolah Dasar Akibat Game Online. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 385–390. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index
Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562–1575.
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.
Widodo, A., & Sutisna, D. (2021). Fenomena Gadget Addicted Pada Anak Usia Sekolah Dasar Selama Studi From Home. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 36–45.
Yuliana, Y. (2022). Pentingnya Kewaspadaan Berinternet untuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja. Jurnal Ilmu Medis Indonesia, 2(1), 25–31. https://doi.org/10.35912/jimi.v2i1.1218
Yuniat, U. (2019). Komunikasi dan Multikulturalisme di Era Disrupsi: Tantangan dan Peluang (F. G. Sukmono, F. Junaedi, & E. Rasyid, Eds.; I). Buku Litera Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Purwono Purwono, Bala Putra Dewa, Lutviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.