Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dengan Menggunakan Tips dan Trik Pengoptimalan Teknologi

Authors

  • Khoirun Nisa Universitas Harapan Bangsa
  • Purwono Purwono Universitas Harapan Bangsa
  • Novita Ranti Muntiari Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.746

Keywords:

Webinar, Publikasi, Tenaga Pengajar, Mahasiswa

Abstract

Publikasi mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan, bagi tenaga pengajar maupun mahasiswa. Berdasarkan dua sudut pandang, yang pertama dari tenaga pendidik bahwa Publikasi ilmiah menjadi indikator utama kinerja akademik, Hasil penelitian tidak berarti tanpa adanya suatu publikasi, baik dipublikasikan di media online maupun di media cetak. Sedangkan yang kedua, dilihat dari mahasiswa bahwa membuat publikasi dibeberapa perguruan tinggi merupakan syarat untuk mencapai sebuah kelulusan. Oleh karena itu, pengabdi melakukan pengabdian masyarat tentang pembuatan jurnal secara mudah dengan menggunakan metode ceramah, praktek, dan diskusi. Kegiatan ini mendapat respon peserta sangat baik dilihat dari perhitungan angket yang disebarkan oleh panitia yaitu 87,78 %.

References

1. Butsi, F. I., & Nasution, A. (2017). Pelatihan Tips Dan Trik Submit Artikel Ilmiah Di Jurnal Berbasis Online. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49–51. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v1i1.16

2. Darmalaksana. (2017). Riset Berbasis Outcome : Jurnal Riset Dan Inovasi, 1–10.

3. Darmalaksana, W., & Suryana, Y. (2018). Korespondensi Dalam Publikasi Ilmiah. Jurnal Perspektif, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.15575/jp.v1i2.10

4. Fitria, T. N. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dari Skripsi dan Tesis Untuk Mahasiswa Serta Cara Publikasinya ke Jurnal Nasional. Jurnal Abdaya, 1(September), 6–13.

5. Ginting, Sri Dinanta Beru, & Basyir, M. (2021). Dosen Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 23(1), 120–128.

6. Harahap, A., & Yunita, W. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Berbasis Penelitian Untuk Jurnal Nasional Dan Internasional Bagi Guru Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama (Smp) Di Bengkulu Tengah. 27(2502–7220), 181–185.

7. Nasution, M. K. M. (2016). Karya Ilmiah Dosen & Mahasiswa. Harian Waspada, March 2016, 1–2. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17770.82888

8. Pribadi, B. A., & Delfy, R. (2015). Implementasi Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Dalam Program Tutorial Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 16(2), 76–88. http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/316

9. Rohmah, N., & Huda, M. A. (2016). Strategi Penigkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah.(Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.

10. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

11. Udil, P. A. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah penelitian tindakan kelas untuk publikasi pada jurnal iIlmiah. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v2i1.257

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Nisa, K., Purwono, P., & Muntiari, N. R. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dengan Menggunakan Tips dan Trik Pengoptimalan Teknologi. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.35960/pimas.v1i1.746

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)