Peningkatan Literasi Bahasa Inggris Anak-Anak Melalui Kegiatan "English Day Out"

Authors

  • Tri Pujiani Universitas Harapan Bangsa
  • Ida Dian Sukmawati Universitas Harapan Bangsa
  • Istifani Lilia Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1316

Keywords:

literasi, Bahasa Inggris, anak-anak, Azas Pendidikan, Pemerataan Pendidikan

Abstract

Literasi Bahasa Inggris merupakan kemampuan yang perlu dikuasai dalam menghadapi kemajuan teknologi dan globalisasi. Akan tetapi, perubahan regulasi yang kerap terjadi menyebabkan ketidakpastian posisi Bahasa Inggris dalam kurikulum nasional. Akibatnya, guru Bahasa Inggris di Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengalami kesulitan karena banyak siswa yang belum mengenal Bahasa Inggris. Selain itu, kenyataan bahwa pemerataan Pendidikan belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat di daerah pelosok mendorong mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Harapan Bangsa untuk mengadakan kegiatan sosial bertajuk “English Day Out”. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi Bahasa Inggris anak-anak kurang mampu di area sektor Gandatapa, Sumbang, Banyumas di bawah naungan rumah belajar “Oemah Sinau Bocah”. Sebanyak 15 anak-anak mengikuti kegiatan ini pada hari Minggu, 31 Desember 2023. Kegiatan ini memberikan manfaat, baik bagi peserta maupun bagi pelaksana kegiatan. Bagi peserta, kegiatan ini bermanfaat karena meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris dan meningkatkan motivasi belajar. Bagi pelaksana, kegiatan ini mengajarkan pentingnya kepekaan dan kepedulian sosial di sekitar kita serta penerapan azas-azas Pendidikan.

References

AF, M. A., Nurfadilah, K., & Hilman, C. (2022). Pendidikan Luar Sekolah dalam Kerangka Pendidikan Sepanjang Hayat. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(2), 90–95. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.216

Alrasid, H. (2015). Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan Lembaga Paud Di Tk It Al-Khairaat Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. 196.

Ferguson, G., Perez-Llantada, C., & Plo, R. (2011). English as an International Language of Scientific Publication: a Study of Attitudes. World Englishes, 30(3), 332–344. https://doi.org/10.1111/j.1467-971X.2011.01717.x

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI).

Jelantik, A. A. K. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris di SD. https://www.balipost.com/news/2022/03/09/255063/Pembelajaran-Bahasa-Inggris-di-SD.html

Junaid, H. (2012). Sumber, Azas, dan Landasan Pendidikan. Sulasena, 7(2), 84–102.

Kurnia, C. (2017). Increasing Young Learners’ Vocabulary Mastery By Using English Songs. JELE (Journal of English Language and Education), 3(1), 42. https://doi.org/10.26486/jele.v3i1.266

Nugroho, B. (2023). Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Basis Dalam Merdeka Belajar Untuk Mencetak Manusia Indonesia Berkarakter. Psiko Edukasi, 21(1), 28–40. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4374

RAHAYUNINGSIH, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rintaningrum, R. (2015). Bahasa Inggris Tidak Perlu Dihapus dari Kurikulum 2013 Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Nasional ADPISI, October 2018, 1–10. https://www.researchgate.net/profile/Ratna-Rintaningrum/publication/328354040_Bahasa_Inggris_Tidak_Perlu_Di_Hapus_dari_Kurikulum_2013_Sekolah_Dasar/links/5c47ef02299bf12be3dc7878/Bahasa-Inggris-Tidak-Perlu-Di-Hapus-dari-Kurikulum-2013-Sekolah-Dasar.pdf

Salsabila, W. (2022). Arti Ungkapan Ki Hajar Dewantara: Semua Tempat adalah Sekolah dan Semua Orang adalah Guru. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/wahdana010502/635c25354addee24b9076b22/arti-ungkapan-ki-hajar-dewantara-semua-tempat-adalah-sekolah-dan-semua-orang-adalah-guru

Syafruddin, M. A., Sabat, D. R., Rachmandhani, M. S., Launingtia, I. G. A. N., & Hasyim, M. Q. (2023). Landasan Pendidikan Dan Pembelajaran (Issue October). GET PRESS INDONESIA. https://books.google.co.id/books?id=an3XEAAAQBAJ

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Team, I. C. (2022). Umur berapakah sebaiknya anak mulai belajar Bahasa Inggris ? Ielc.Co.Id. https://ielc.co.id/umur-berapakah-sebaiknya-anak-mulai-belajar-bahasa-inggris/

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Pujiani, T., Sukmawati, I. D., & Lilia, I. (2024). Peningkatan Literasi Bahasa Inggris Anak-Anak Melalui Kegiatan "English Day Out". Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i1.1316

Issue

Section

Articles