Edukasi Tablet Tambah Darah (fe) dan Bahaya Anemia Serta Pemberian Asuhan Komplementer Berupa Prenatal Massage pada Ibu Hamil di Kelurahan Tewaan Kota Bitung

Authors

  • Gusti Ayu Tirtawati Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Wahyuni Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Irmasanti Fajrin Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Elfredo Josua Halawa Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Ellen Pesak Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Martha D. Korompis Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Kusmiyati Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Manado
  • Tantri Wenny Sitanggang Universitas Ichsan Satya

DOI:

https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1396

Abstract

Menurut WHO, anemia dalam kehamilan sebagai kondisi dengan kadar hemoglobin (Hb) < 11 g/dl. Anemia pada ibu hamil dapat berdampak pada janin dan meningkatkan angka kesakitan. Pemerintah Indonesia telah menetapkan program pemberian tablet tambah darah  (200 mg sulfat ferosus setara dengan 60 mg besi elemental dan 0,25 mg asam folat) dan upaya perbaikan gizi keluarga sebagai upaya dalam penanggulangan anemia pada ibu hamil.

Metode dengan melakukan survey awal, pendekatan kepada pemerintah setempat mengetahui permasalahan yang ada di lokasi dengan tujuan yaitu mendapatkan dukungan secara penuh. Sebelum memberikan edukasi dilakukan pretest untuk mengukur pengetahuan Ibu hamil tentang tablet tambah darah dan anemia dalam kehamilan  menggunakan kuesioner dengan kriteria kategori Baik, cukup dan kurang. Memberikan edukasi pada Ibu hamil tentang tablet tambah darah (fe) dengan membagikan pamphlet agar Ibu hamil memahami pentingnya mengkonsumsi tablet tambah darah sehingga terhindar dari anemia dalam kehamilan. Mengurangi nyeri punggung pada ibu hamil trimester III dengan memberikan asuhan komplementer berupa antenatal massage pada Ibu hamil sehingga kehamilan dan persalinan  aman ibu dan bayi sehat. Setelah edukasi dilakukan posttest untuk mengukur pengetahuan Ibu hamil setelah diberikan edukasi.

Hasil posttest sebagian besar mempunyai pengetahuan baik yaitu 80%, hanya 20% yang mempunyai pengetahuan baik. Setelah dilakukan edukasi sebagian besar pengetahuan Ibu Hamil menjadi baik. Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui tentang bahaya anemia dalam kehamilan dan penanganannya karena akan berdampak bagi ibu sendiri dan janinnya. Selain itu keluhan nyeri punggung pada kehamilan trimseter III, dapat diatasi dengan asuhan komplementer antenatal massage yang dapat dilakukan oleh suami atau keluarga dirumah.

 

References

Astutik, R. Y. and Ertiana, D. (2018) Anemia dalam Kehamilan. Jawa Timur: Pustaka Abadi. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=6tisDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq

Dartiwen and Nurhayati, Y. (2019) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Yogyakarta: ANDI.

Dewi, O. P. and Adnyani, S. (2022) ‘Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dalam Kehamilan’, 3(1), pp. 10–13. doi: 10.58258/rehat.v3i1.3480/.

Harahap, Y. Z. (2019) ‘Pengaruh Prenatal Massage Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester Iii Di Klinik Erna Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara’, Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(4), pp. 1–5.

Hatini, E. E. (2018) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Malang: Wineka Media.

Kusumastuti, E. (2022) ‘Anemia dalam Kehamilan’. Available at: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1132/anemia-dalam-kehamilan.

Lestari, D., Sumastri, H. and Wahyuni, S. (2021) Anemia, Tablet Tambah Darah dan Pengawas Minum Obat. Kediri: Chakra Brahmanda Lentera.

Lubis, K. et al. (2022) Pelayanan Komplementer Kebidanan. Edited by A. G. Stellata. Bandung: Kaizen Publisher.

Mamuroh, L. and Nurhakim, F. (2021) ‘ANEMIA KEHAMILAN DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI : STUDI KORELASI’, 21, pp. 43–53.

Nurbadriyah, W. D. (2019) Anemia Defisiensi Besi. Yogyakarta: Deepublish.

Parulian, I. et al. (2016) ‘Strategi dalam penanggulangan pencegahan anemia pada kehamilan’, 3.

Sjahriani, T. and Faridah, V. (2019) ‘FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN ANEMIA’, Jurnal Kebidanan, 5(2), pp. 106–115. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/230555831.pdf.

Wulandari, C. L. et al. (2021) Asuhan Kebidanan Kehamilan. Bandung: Media Sains Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Tirtawati, G. A., Wahyuni, Irmasanti, Elfredo, Ellen, Martha, … Tantri. (2024). Edukasi Tablet Tambah Darah (fe) dan Bahaya Anemia Serta Pemberian Asuhan Komplementer Berupa Prenatal Massage pada Ibu Hamil di Kelurahan Tewaan Kota Bitung. Jurnal Pengabdian Masyarakat - PIMAS, 3(2), 105–111. https://doi.org/10.35960/pimas.v3i2.1396

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)