Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak di SDN Karang Baru 04 Kabupaten Bekasi

Authors

  • Ade Krisna Ginting Akademi Kebidanan Bhakti Husada Cikarang
  • Liana Riski Stiasih Akademi Kebidanan Bhakti Husada Cikarang

DOI:

https://doi.org/10.35960/vm.v16i1.835

Keywords:

Penggunaan gadget, Perkembangaan psikososial, anak

Abstract

Masih tingginya akses internet anak usia 5 tahun keatas di Indonesia untuk media social. Persentasenya mencapai 88,99%  (Badan Pusat Statistik 2021). Ada sebanyak 98,70% anak usia 5 tahun ke atas mengakses internet menggunakan ponsel pintar. Sisanya menggunakan laptop 11,87%, komputer desktop 2,29%, dan lainnya 0,18%. Meningkatnya jumlah pengunaan gadget akan meningkatnya angka kecanduan gadget. Penelitian ini menggunakan desain cros sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 126 responden di SDN Karang Baru 04 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik simple ramdom sampling dengan kuisioner.  Hasil  penelitian didapatkan bahwa ada hubungan  yang  signifikan antara penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia 9-12 tahun dengan nilai P value (P = 0,004) dengan OR: 3.028 artinya anak yang menggunakan gadget dengan kategori beresiko memiliki peluang 3 kali untuk mengalami perkembangan psikososial kurang baik.  Kesimpulan ditemukan ada hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan psikososial anak usia 9 – 12 tahun di SDN 04 Karang Baru Kabupaten Bekasi.sehingga diharapkan kepada orangtua melakukan pengawasan penggunaan gadget baik hal dalam pembatasan waktu untuk menghindari kecanduan gadget  ataupun dengan pemilahan internet yang dapat diakses oleh anak selain itu sekolah diharapkan juga melakukan pembatasan akses internet disekolah.

 

 

References

BPS, 2021, Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). https://www.bps.go.id

Firmawati, F., &Biahimo, N.U.I. 2021.Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Negeri Pembina Limboto Kabupaten Gorontalo. Zaitun (Jurnal Ilmu Kesehatan).7(2).

Gunawan, M.A. (2017) Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembanga Sosial Anak Prasekolah Di TK PGRI 33 Sumurboto, banyumanik Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Imron, R. 2017. Hubungan penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah Di Kabupaten. Jurnal Keperawatan, Volume XIII,No.2,148-154

Istutik,D. 2021. Hubungan Belajar Dirumah Dengan PerkembanganPsikosial Anak UsiaSekolah Di SD Islam Al Umar Kecamatan Skumbung Tahun 2021 (Doctoral disertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Keliat B A, Novy Helena, Heni Nuraeni, (2011) Keperawatan Kesehatan Jiwa Komunitas, Jakarta. EGC

Masthura, S., Iqbal S,M.,Dkk. 2018 Hubungan penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Usia Sekolah di SD Negeri 1 Kota Banda Aceh.jurnal Aceh Medika,171-175

Sabarkah, Milana, Abdillah,. 2019. Pengaruh Gadget Terhadap perkembangan Anak (Jurnal Pemikiran & Pencerahan ).Vol 15 No.1

Setinganingsih Ardani, & Khayati, 2018. Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (Jurnal Pemikiran & Pencerahan ).Vol 16 No.2

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Ginting, A. K., & Stiasih, L. R. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak di SDN Karang Baru 04 Kabupaten Bekasi. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 22–29. https://doi.org/10.35960/vm.v16i1.835