The Overview Of Management Documentation Hypertension Patients: A Qualitative Study

English

Authors

  • Indah Susanti Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
  • Paulus Subiyanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panti Rapih
  • Asmat Burhan Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/vm.v16i3.1042

Keywords:

hypertension, management, documentation, qualitative

Abstract

Latar belakang: Hipertensi adalah terjadinya peningkatan tekanan darah diatas normal. Prevalensi hipertensi di kota Yogyakarta sebesar 25%. 

Tujuan: Untuk mengetahui prinsip-prinsip dokumentasi asuhan keperawatan pada pasien hipertensi. Metode penelitian: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kualitatif dengan model multikasus terpancang. penelitian dilakukan di ruang Elisabeth Gruyter’s 3 Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta pada bulan Januari- September tahun 2017 sebanyak 161 pasien hipertensi. Jumlah sampel yang di ambil pada penelitian ini adalah dua Rekam Medis pasien yang menderita hipertensi disertai komplikasi dan hipertensi tanpa komplikasi. Kesimpulan dan Saran: Pasien kasus 1 menderita hipertensi tanpa komplikasi dan terkontrol dengan riwayat CA Cerebri, sedangkan pasien kasus 2 menderita hipertensi disertai dengan komplikasi CKD (chronic kidney disease) dan tidak terkontrol. Prinsip-prinsip dokumentasi sudah sesuai dengan data yang ada pada pasien. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk meningkatkan pelayanan optimal tentang penatalaksanaan untuk penderita hipertensi.

References

Dalimartha S. 2009. Care Your Self Hipertensi. Jakarta: Penebar Plus.
Dalyoko. D. 2010. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Upaya Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Wilayah Kerja Puskesmas Mojosongo Boyolali.” Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Irwan. 2016. Epidemiologi Penyakit Tidak Menular. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Muttaqin. A. 2010. Asuhan Keperawatan Klien Dengan Gangguan Sistem Kardiovaskular. Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
Pribadi. A. 2009. “Analisis Pengaruh Faktor Pengetahuan,Motivasi,Dan Persepsi Perawat Tentang Supervisi Kepala Ruang Terhadap Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSUD Kelet Provinsi Jawa Tengah Di Jepara.” Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyaakat Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit Universitas Diponegoro Semarang.
Primasari. P. 2013. “Gambaran Deskriptif Pola Penatalaksanan Hipertensi Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Buleleng Tahun 2013.” Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Susanti, I., Subiyanto, P., & Burhan, A. (2023). The Overview Of Management Documentation Hypertension Patients: A Qualitative Study: English. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 16(3), 296–303. https://doi.org/10.35960/vm.v16i3.1042