Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Desa Karangsari Kecamatan Kembaran

Authors

  • Bambang Yuli Krisnanto Universitas Harapan Bangsa Purwokerto
  • Ikit Netra Wirakhmi Universitas Harapan Bangsa
  • Noor Yunida Triana Universitas Harapan Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.35960/vm.v15i2.885

Keywords:

Ibu, pengetahuan, perkembangan, anak

Abstract

Anak-anak dengan kelainan perkembangan yang tidak sesuai dengan usia mereka mungkin tidak dapat mencapai kebutuhan dasar mereka. Orang tua, khususnya ibu memiliki peran penting dalam perkembangan anak di usia dini. Pengetahuan orang tua, khususnya perempuan memegang peranan penting dalam membina tumbuh kembang anak. Kecerdasan seorang ibu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu di Posyandu Desa Karangsari Kecamatan Kembaran terhadap tumbuh kembang anak usia 1 sampai 5 tahun. Metode penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan cross sectional terhadap waktu. Penelitian ini mengambil sampel 75 ibu yang memiliki anak balita di Posyandu Desa Karangsari Kecamatan Kembaran dengan menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Penelitian dilakukan melalui kuesioner. Analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Temuan menunjukkan bahwa sebagian besar dari ibu berusia di atas 35 (44%), memiliki pendidikan pasca sekolah menengah (44%), dan tidak bekerja (84%). Lebih dari separuh ibu di Posyandu, Desa Karangsari, Kecamatan Kembaran memiliki pengetahuan tentang tumbuh kembang anak usia 1 sampai 5 tahun. Sebaiknya ibu sering membawa balitanya ke puskesmas/posyandu untuk SDIDTK atau stimulasi deteksi dini tumbuh kembang, sehingga dapat menentukan tumbuh kembang anaknya sesuai dengan usianya

References

Adriani, M. (2016). Gizi dan Kesehatan Balita. Jakarta : Kencana.

Amalia, N. N., Rizalfiandrinata, I., Kusumaningsih, A., Wahdaliya, N. A., Chusnah, F. N., Fachriansyah, N. M., & Firdhaus, I. H. (2021). Hubungan Karakteristik Ibu terhadap Perilaku Pemenuhan Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak Selama Pandemi Covid-19. BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(2), 81. https://doi.org/10.19184/biograph-i.v1i2.23925

Antriana, I., & Suyanti, S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Pra Sekolah Tentang Stimulasi Perkembangan Anak Di Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Banjaran Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Jurnal Kampus STIKES YPIB Majalengka, 7(2), 49–56. https://doi.org/10.51997/jk.v7i2.71

Badan Pusat Statistika. (2020). Statistik Indonesia 2020 Statistical Yearbook of Indonesia 2020. Statistical Yearbook of Indonesia.

Cumayunaro, A., Helda, H., Dephinto, Y., & Herien, Y. (2020). Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Terhadap Perilaku Ibu dalam Melakukan Deteksi Dini Tumbuh Kembang ( DDTK ) pada Anak. NERS: Jurnal Keperawatan, 16(1), 18–26. http://ners.fkep.unand.ac.id/index.php/ners/article/view/326

Gunarsa, P. D. S. D., & Gunarsa, D. Y. D. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. In PT. BPK Gunung Mulia.

Hidaya, A. N. (2017). Ubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Balita Dengan Perkembangan Motorik Kasar Usia 1-2 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Tongauna Kabupaten Konawe Tahun 2017 [Poltekkes Kemenkes Kendari]. http://repository.poltekkes-kdi.ac.id/3/

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar 2018. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Khairayeni, K. (2015). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Usia Balita di Puskesmas Pengambiran Kota Padang Tahun 2015 [Poltekes Kemenkes Padang]. http://pustaka.poltekkes-pdg.ac.id/repository/KTI.KuntumKhairayeni.pdf.

Latifah, N. S., & Andriani, T. (2018). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Perkembangan Balita Usia 3-5 Tahun Di Posyandu Sakura Kelurahan Gunung Mas Teluk Betung Selatan, Lampung Tahun 2016. Jurnal Kebidanan, 4(2), 90–96.

Notoatmodjo. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan (edisi revisi 2012). Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, B. F. D., Endah, S., & Ernawati, Y. (2014). Karakteristik Perilaku Pemberian Makan Dan Status Gizi Anak Usia 1-3 Tahun Di Posyandu Kuncup Melati Puskesmas. Jurnal Unimus, 3(7), 297–304.
download.portalgaruda.org/article.php?...Karakteristik Perilaku Pemberian dan Status Gizi Anak.pdf

Nurhayati, D., & Susilowati, L. (2019). Hubungan Perilaku Ibu Dalam Pemberian Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun Di Posyandu Krodan Dan Sambilegi Lor Depok Sleman [Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta]. http://repository.unjaya.ac.id/3341/

Oktaviani, M. (2014). Hubungan Pengetahuan Ibu TentangTumbuh Kembang Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango Tahun 2014 [Universitas Negeri Gorontalo]. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/841410050/

Septiani, R., Widyaningsih, S., & Igohm, M. K. B. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(2), 114–125. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4398

Setiawati, S. (2016). Panduan Penelitian Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak Usia 5-6 tahun. Jakarta : Poltekkes Kemenkes Jakarta.

Soetjiningsih. (2017). Tumbuh Kembang Anak. Egc.

Sudirman, Hartati, & Wulansari, A. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Tahap Pencapaian Tumbuh Kembang Balita Usia 4-5 Tahun di Kelurahan Medono Kota Pekalongan. Jurnal Analisis, 1(1), 1–13.

Sugiyono. (2016). Research Methods Quantitative, Qualitative, And R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sukadana, N. M. D. I., & Noviyanto, N. D. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Balita. Jurnal Online Keperawatan Indonesia, 3(1), 15–23.

Sumantri, M. (2014). Perkembangan Peseta Didik. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak, 1–52.

Susilawati, S. (2020). Karakteristik ibu balita dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Jurnal Kebidanan, 9(2), 143. https://doi.org/10.26714/jk.9.2.2020.143-152

United Nations Children’s Fund (UNICEF). (2021). Early Childhood Development Index 2030. Mics Methodological Papers. https://data.unicef.org/resources/early-childhood-development-index-2030-ecdi2030/

Walyani, E. ., & Purwoastuti, E. (2015). Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Woodya, H. cut vina, & Susanti, S. sulistiana. (2018). Perkembangan anak prasekolah (usia 3-5 tahun) dengan ibu yang bekerja dan ibu yang tidak bekerja. JIM FKep Volume IV No. 1 2018, IV(1), 13–18.

Yanti, B., Wahyudi, E., Wahiduddin, W., Novika, R. G. H., Arina, Y. M. D., Martani, N. S., & Nawan, N. (2020).

Community Knowledge, Attitudes, and Behavior Towards Social Distancing Policy As Prevention Transmission of Covid-19 in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 8(2), 4. https://doi.org/10.20473/jaki.v8i2.2020.4-14

Downloads

Published

2022-09-26

How to Cite

Krisnanto, B. Y., Wirakhmi, I. N., & Triana, N. Y. (2022). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Usia 1-5 Tahun di Posyandu Desa Karangsari Kecamatan Kembaran. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 15(2), 122–136. https://doi.org/10.35960/vm.v15i2.885

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>