Abstract

Kejenuhan kerja (burnout) adalah suatu kondisi fisik, emosi dan mental yang sangat drop yang di akibatkan oleh situasi kerja yang sangat menuntut dalam jangka panjang. Kejenuhan kerja merupakan akibat stres kerja dan beban kerja yang paling umum. Kejenuhan kerja merupakan sesuatu hal yang sering di alami dalam setiap pekerjaan, perawat merupakan salah satu profesi yang berisiko memiliki stres dan beban kerja yang tinggi.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan burnout pada perawat di ICU RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2016. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan adalah total sampling, sampel penelitian ini adalah seluruh perawat di ICU RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo Purwokerto sebanyak 31 responden. Analisa statistik menggunakan spearman rank.


Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar tingkat stres perawat di ICU RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto adalah sedang yaitu sebanyak 18 responden (58,1%) dan sebagian besar burnout pada perawat adalah sedang yaitu sebanyak 15 responden (48,4%). Hasil uji statistik penelitian pada taraf keyakinan α = 0,05 menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan burnout pada perawat di ruang ICU dengan nilai Ï-value sebesar 0,000


 


Kata Kunci : Tingkat Stres, Burnout, Perawat