Abstract

ABSTRAK


 


Minuman kunyit adalah suatu minuman yang diolah dengan bahan utama kunyit. Secara alamiah memang kunyit dipercaya memiliki kandungan bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai analgetik, antipiretik dan antiinflamasi. Selain itu dijelaskan bahwa minuman kunyit sebagai pengurang rasa nyeri pada dismenorhoea primer memiliki efek samping  minimal (Limananti&Triratnawati, 2003). Senyawa aktif atau bahan kimia yang terkandung dalam kunyit adalah Curcumine (Putri,2006). Berdasarkan studi pendahuluan yang diperoleh dari hasil wawancara pada 20 mahasiswi program studi kebidanan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui manfaat minuman kunyit sebagai pereda rasa nyeri saat menstruasi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minuman kunyit terhadap penurunan tingkat nyeri haid primer pada mahasiswi kebidanan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto.


Model penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan teknik sampel penelitian menggunakan Purposive sampling. Luaran yang dihasilkan pada penelitian ini berupa publikasi ilmiah, leaflet dan buku ajar.


    Kesimpulannya dengan menggunakan Uji T berpasangan yaitu dengan membandingkan nyeri haid yang dialami responden sebelum dilakukan intervensi dan setelah dilakukan intervensi menunjukkan ada  pengaruh minuman kunyit asam terhadap penurunan nyeri haid primer yang ditunjukkan dengan nilai P value = 0,0001 yang berati <α 0,05.


 


Kata kunci : Dismenorhea, minuman kunyit asam, penurunan nyeri