HUBUNGAN PERSEPSI PERILAKU CARING PEMBIMBING KLINIK DENGAN PERILAKU CARING MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO

Authors

  • Tri Sumarni
  • Reni Dwi Setyaningsih

DOI:

https://doi.org/10.35960/vm.v10i2.364

Abstract

Perilaku caring merupakan inti dari profesi keperawatan dan dianggap sebagai indikator penting dan dasar bagi pendidikan keperawatan yang berkualitas. Pembentukan dan pemeliharaan perilaku caring penting untuk dibentuk saat pembelajaran di bangku perkuliahan. Faktor yang mempengaruhi konsep diri mahasiswa adalah role model dari perilaku caring. Interaksi caring antara mahasiswa dengan dosen/ pembimbing klinik menjadi dasar caring ke pasien. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan persepsi perilaku caring pembimbing klinik dengan perilaku caring mahasiswa keperawatan.

Jenis penelitian ini adalah observasi kuantitatif dengan desain cross sectional dengan menggunakan sampel sebanyak 306 mahasiswa Keperawatan yang sudah pernah menjalani praktik klinik keperawatan di rumah sakit. Pengambilan sampel dengan total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Analisis univariat dilakukan dengan menyajikan hasil penelitian tiap variabel dengan tekstular, tabular dan grafikal. Analisis bivariat untuk menguji hipotesis antara variabel bebas dan terikat dengan spearman.

Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata untuk perilaku caring adalah 112,9 dengan standar deviasi (SD) 13,91 untuk persepsi tentang caring pembimbing klinik adalah 82,79 dengan SD 12,86. Persepsi perilaku caring pembimbing klinik tidak berhubungan dengan perilaku caring mahasiswa (p value 0,633).

 

 

Keywords: Persepsi, Perilaku Caring Mahasiswa Keperawatan, Pembimbing Klinik

Downloads

Published

2017-09-30

How to Cite

Sumarni, T., & Setyaningsih, R. D. (2017). HUBUNGAN PERSEPSI PERILAKU CARING PEMBIMBING KLINIK DENGAN PERILAKU CARING MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES HARAPAN BANGSA PURWOKERTO. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 101–105. https://doi.org/10.35960/vm.v10i2.364

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>